5 Manfaat Tersembunyi Wortel Untuk Kesehatan Kulit Wajah & Tubuh

0
85

Wortel merupakan sayuran yang ditahui memiliki banyak kadar vitamin A. Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Terdapat beberapa senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A, yaitu senyawa : retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Yang jarang diketahui, wortel memiliki nama Ilmiah Daucus Carota sehingga wortel masih satu famili dengan seledri yang merupakan tanaman adas. Wortel termasuk ke dalam famili umbi-umbian yang hidup menancap di dalam tanah. Wortel biasanya berwana jingga terang atau oranye yang menandakan bahwa wortel memiliki kandungan beta karoten (vitamin A) dan antioksidan yang tinggi.

Di Indonesia, wortel biasanya dikonsumsi sebagai juice untuk kesehatan dan sayuran yang dapat dimasak. Wortel dapat disajikan sebagai pelengkap sayur sop, lalapan, capcay, urap maupun masakan lain. Pada buah ini didapatkan banyak kandungan-kandungan zat kimia yang berguna bagi pertumbuhan mahkluk hidup, seperti : vitamin B1, B2, B3, B6, B9, vitamin C, vitamin K, beta karoten (vitamin A), potassium, asam folat, kalsium, mangan, zat bessi, kromium, fosfor, dan seng.

Namun,selain kandungan tersebut ternyata wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kecantikan. Jika anda menghindari perawatan kulit yang memiliki kandungan pengawet atau mungkin anda memiliki alergi tertentu pada zat-zat kimia di dalam skincare yang dijual di toko/supermarket, anda patut mencoba wortel mentah sebagai perawatan alami.

Manfaat alami yang dimiliki oleh buah wortel, antara lain :

1. Mencegah Penuaan Dini

Menurut penelitian, kandungan beta karoten dalam wortel bisa memperlambat penuaan dalam sel kulit sehingga kulit tidak mudah keriput. Anda dapat mengkonsumsi wortel secara teratur untuk mencegah penuaan.

2. Relaksasi Kulit

Kulit akan terasa lelah setelah terkena polusi udara,untuk menghindari hal tersebut anda dapat menghancurkan satu wortel dengan blender hingga berbentuk pasta. Lalu campur dengan air mawar secukupnya. Masukan kedalam botol semprot, voila! Spray siap untuk digunakan.

3. Melembapkan Wajah

Jika anda memiliki tipe kulit kusam, anda dapat meminum jus wortel tiap hari.
Fyi,kandungan kalium dalam wortel bisa mempercerah kulit kamu loh!

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Apakah anda memiliki luka di wajah atau di kulit lainnya sehingga anda tidak nyaman dibuatnya? Tenang saja, wortel memiliki sifat anti inflamasi dan kandungan vitamin E yang bisa mempercepat penyembuhan luka. Anda bisa membuat masker dari wortel dan tambah juga dengan bahan-bahan lain seperti madu dan air mawar untuk mempercepat penyembuhan luka anda.

5. Meregenerasi Kulit Mati

Selain untuk kesehatan mata, vitamin A pada wortel mampu membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati. Proses regenerasi sel kulit ini tentu saja tidak hanya membuat kulit lebih sehat, tapi juga lebih kenyal. Untuk hasil yang maksimal anda bisa melumuri kulit anda dengan wortel setiap dua kali dalam satu minggu.

Tak disangka ternyata wortel memiliki segudang manfaat penting untuk kecantikan wajah,yang perlu diperhatikan adalah pemilihan wortel. Wortel yang baik dan berkualitas adalah wortel lokal dari petani kita. Sebaiknya beli wortel organik yang bebas pestisida dan pengawet lainnya. Jika wortel dimasak, waktu yang baik dalam pemasakan ialah 10 – 15 menit agar nutrisi yang ada pada wortel tidak terbuang percuma dan tubuh dapat menyerap kandungan nutrisi di dalam wortel sebaik mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here