5 Fakta Menarik Kenapa Film Bollywood Bisa Mendunia

0
79

Tidak bisa dipungkiri film India memberi warna tersendiri bagi perfilman dunia. Jika negara-negara barat dikenal dengan hollywood nya, India populer dengan bollywoodnya. bollywood adalah singkatan dari Bombay/Mumbay hollywood. Di Indonesia sendiri penggemar film India ternyata banyak yang kebanyakan dari kalangan remaja 90-an sampai ibu rumah tangga, maklum saja kala itu film India banyak menghiasi stasiun TV swasta, bahkan sekarang juga masih ditayangkan baik film maupun serinya. Lantas kenapa film Bollywood bisa sukses menarik perhatian masyarakat dunia, mungkin ulasan berikut adalah alasannya.

Bisa dinikmati semua kalangan

Film bollywood atau biasa juga disebut sinema hindi adalah film yang bisa dinikmati semua kalangan. Mulai kalangan atas hingga kalangan bawah di lapisan masyarakat pasti mengenalnya. Hal ini dikarenakan film bollywood biasanya ditayangkan melalui televisi lokal yang artinya siapapun bisa melihatnya tanpa ke bioskop, meski beberapa film bollywood juga ada yang ditayangkan di bioskop. Namun perlu diperhatikan ketika Kamu mengajak adik atau anak-anak menonton film ini, karena film bollywood terkenal dengan adegan romantis bahkan adegan 17+ yang tidak cocok untuk ditonton anak di bawah umur.

Cerita sederhana tapi menarik

Film-film bollywod umumnya banyak mengangkat tema cerita percintaan, kekeluargaan, kriminal, dan berbagai isu sosial. Sebenarnya jalan ceritanya sangat sederhana bahkan cenderung bisa ditebak endingnya, toh tokoh utama sudah disorot sejak awal kemunculannya, dan kebanyakan happy ending. Sebagai contoh ada film dengan judul Kuch Kuch Hota Hai di tahun 90an yang menjadi titik balik kesuksesan film bollywood di dunia.

Dunia perfilman bollywood sangat produktif

Bollywood bisa dibilang sangat produktif dalam menghasilkan film, hal ini terbukti dengan para sineas film bollywood yang merilis puluhan judul setiap tahunnya. Dengan munculnya film yang silih berganti, maka penonton juga akan penasaran dengan cerita-cerita film selanjutnya. Hal ini membuktikan bahwa film hollywood sangat aktif bahkan jumlah film yang diproduksi setiap tahunnya bisa mengalahkan film hollywood. Tidak salah memang ketika usaha mereka berhasil menarik perhatian perfilman dunia.

Nyanyian dan Tarian sebagai pemanis film

Salah satu faktor yang menarik para pecinta film bollywood adalah original soundtrack (Ost.) yaitu nyanyian berikut tarian yang ada dalam filmya. Hal ini bisa menjadi nilai positif untuk India, karena ditengah gempuran budaya modern yang menganggap tarian dan nyanyian dalam film sudah dianggap kuno, mereka masih mempertahankannya dengan cara tetap melestarikan ciri khasnya, meskipun dibalut dengan unsur modern. Maka dari itu setiap filmnya selalu disisipi nyanyian yang easy listening, kadang sampai membuat kita bergoyang menikmatinya. Mau itu adegan sedih, menangis, atau senang selalu menghadirkan nyanyian sehingga penonton lebih terhibur.

Aktor dan aktrisnya dituntut serba bisa

Aktor dan aktris India dituntut untuk menjadi artis multitalenta. Sebut saja artis terkenal sekelas Sahrukh Khan, Salman Khan, Hritik Roshan, Amir Khan, Rani Mukeerji, Kajol, Preity Zinta, Aishwarya Rai, dan lain-lain. Mereka harus serba bisa dalam berbagai hal, mulai dari akting, menyanyi, dan menari. Rata-rata aktor dan aktris bollywood memang mempunyai kualitas akting yang luar biasa sehinga mampu membawa penonton hanyut dalam karakter dan cerita filmnya. Selain itu mereka juga diwajibkan menguasai cara bernyanyi meskipun itu sekedar lypsinc. Sebagai aktor dan aktris hollywood wajib hukumnya mempunyai badan yang lentur demi bisa menarikan lagu film tersebut.

 

Dari 5 fakta tersebut mungkin bisa ditiru oleh perfilman Indonesia biar bisa mendunia ya… namun harus diperhatikan juga faktor pembeda antara film Indonesia dengan Bollywood, biar gak dikira tiru – tiru gitu… 😀 Jika kamu suka konten kayak gini silakan share dan like nya ya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here