5 Cara Alami Usir Komedo yang Sesuai dengan Karakter Kulitmu

0
124
sorce: http://www.itjeher.com/kecantikan/3463/rahasia-pasta-gigi-menghilangkan-komedo/

Komedo itu masalah kulit yang beda tipis dengan jerawat, datangnya selalu ramaian dan membuat jengkel bukan kepalang. Komedo sendiri merupakan jenis masalah kulit yang berwujud bintik-bintik kecil yang kadang berwarna hitam kadang berwarna putih. Meski kecil namun karena jumlahnya banyak dijamin menganggu apalagi bisa membuat tekstur kulit wajah menjadi kasar dijamin kalau muncul membuat kamu minder.

Mengatasi komedo ternyata dikenal tidak mudah, kalaupun ke klinik musti siap-siap merogoh kocek dalam-dalam. Akan tetapi ada angin segar nih buat kamu yang bermasalah dengan komedo tapi ingin yang murah dan praktis. Coba beberapa tips di bawah ini supaya bisa mengusir komedo di rumah sendiri.

1. Komedo di kulit dengan pori-pori lebar
Biasanya komedo menyerang siapa saja yang kulitnya berminyak meski di beberapa kasus pemilik kulit kering juga kena. Intinya tetap waspada dengan rajin menjaga kebersihan muka, lalu jika komedo ini sudah terlanjur muncul dan kebetulan kamu punya pori-pori yang terbilang lebar. Maka bisa mengikuti tips alami ini:

• Kamu bisa pakai es batu, caranya cukup dioleskan ke area dimana komedo bermunculan dan lakukan rutin di waktu pagi dan sore hari.

• Masker clay yang tersedia di beberapa drugstore bisa menjadi solusi mengatasi komedo yang hinggal di kulit dengan pori-pori lebar tapi dipakainya cukup 3 hari sekali saja.

• Bahan dapur bernama telur juga bisa dipakai tapi ambil putih telurnya saja lalu oleskan ke area terkena komedo memakai kuas, diamkan lalu bilas.

2. Komedo di kulit yang pori-porinya melebar dan memanjang
Bentuk pori-pori kulit ternyata beragam selain lebar ada pula yang bentuknya juga memanjang serta melebar. Pori-pori ini juga mudah terkena komedo dan kalau kamu memiliki masalah serupa bisa mencoba tips berikut:

• Gunakan daging lidah buaya dengan putih telur, oleskan ke wajah secara merata setelah 20 menit bisa dibilas.

• Bisa juga memakai oatmeal yang diencerkan bersama tepung maizena lalu dioleskan ke kulit wajah, setelah 20 menit langsung dibilas.

Kalau rutin dilakukan komedo yang tadinya banyak dan mengganggu tidak akan nampak atau muncul lagi.

3. Jika komedo hitam besar dan membandel
Kalau kamu punya komedo yang hitam dan besar dijamin susah dihilangkan karena jenis ini terbilang bandel. Namun kamu bisa mencoba tips berikut:

• Ambil 3 sendok makan madu lalu campur dengan 3 sendok makan kayu manis bubuk lalu oleskan ke kulit yag berkomedo sembari dipijat dengan tangan kemudian dibilas.

• Bisa juga memakai yogurt plain cukup ambil sekitar 3-4 sendok makan lalu dioleskan ke kulit yang berkomedo, diamkan sebentar lalu dibilas.

• Khusus komedo bandel ini kamu bisa memakai plester khusus komedo yang dijual bebas di pasaran.

4. Saat komedo putih menyerang
Kalau komedo kamu warnanya putih jangan asal dicabut karena malah bisa menjadi iritasi dan infeksi. Baiknya pakai cara di bawah ini:

• Beli salicylic acid yang dijual di apotek kemudian gunakan kapas untuk mengaplikasikanya ke area yang berkomedo.

• Mandi dulu dengan air hangat kemudian oleskan wajah yang berkomedo memakai tea tree oil, bisa pula dioleskan memakai tangan.

5. Komedo yang tumbuh di area bekas jerawat
Bekas jerawat di wajah kadang juga menjadi sarang empuk bagi komedo untuk bersarang tapi jangan asal dipencet nanti malah iritasi. Baiknya coba beberapa saran ini:

• Sebaiknya lebih sering mandi memakai air hangat agar komedo ini segera hilang.

• Aplikasikan lotion anti jerawat atau krim wajah dengan kandungan bahan anti jerawat.

• Jangan terbiasa menyentuh komedo ini kecuali kamu sudah cuci tangan agar tidak semakin banyak.

Komedo memang menganggu dan bandel sehingga susah hilang, namun kalau kamu mengatasinya sesuai kondisi dan karakter kulit seperti uraian di atas. Bersiaplah ucapkan selamat tinggal pada komedo!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here