4 Pekerjaan Ini Gajinya Tak Setimpal dengan Pengorbanannya

0
35
sumber: pexels.com

Demi bertahan hidup, setiap orang wajib bekerja. Banyak jenis lapangan yang tersedia di dunia ini mulai dari yang enak sampai nggak enak. Contoh pekerjaan yang kelihatannya enak, jadi travel blogger atau host acara kuliner. Tapi dibalik pekerjaan itu semua pasti ada aja pengorbanannya. Contoh yang banyak terjadi adalah kerja sebagai pegawai kantoran. Menurut sebagian orang, menjadi pegawai kantor adalah jenis pekerjaan yang membanggakan, duduk di ruangan ber-AC dengan gaji yang lumayan besar, tapi mereka tidak tahu betapa merasa tertekannya menjadi seorang pegawai kantor. Mulai dari urusan dengan klien, sama si bos, bahkan sampai urusan keuangan perusahaan. Namun semua pekerjaan berat tadi bukanlah apa-apa dibandingkan pekerjaan berikut ini. Makanya jangan ngeluh!

Tukang nyelam selokan

Banyak dari kita yang meremehkan pekerjaan kecil-kecil seperti ini, namun sebenarnya pekerjaan mereka sangat membantu kehidupan kita secara tidak langsung. Contohnya penyelam selokan. Percaya nggak percaya, pekerjaan ini ternyata beneran ada tepatnya di Bangladesh. Di sana banyak tukang-tukang penyelam selokan. Upah yang mereka terima pun benar-benar tidak setimpal, hanya berkisar antara 80.000 sampai 100.000 rupiah. Bayangkan saja, tidak semua orang mau bekerja seperti ini, melihat selokan yang hitam dan baunya saja rasanya mau muntah, gimana mau nyelam coba? Untuk itu mereka sangat berjasa, mungkin jika tidak ada mereka semua selokan akan mampet dan menyebabkan banjir di daerah-daerah tertentu.

Sumber: Unsplash.com

Penambang belerang

Penamban belerang juga masuk ke dalam daftar pekerjaan dengan gaji ya tidak setimpal. Di Indonesia sendiri pekerja-pekerja ini sebagian ada di Ijen, Banyuwangi. Setiap hari mereka harus bangun dini hari untuk turun ke kawah Gunung Ijen dengan tinggi 2400 mdpl. Berat batu belerang yang dibawah dalam perjalanan juga tidak ringan. Setiap orang bisa memikul sekitar 70 sampai 90 kilogram belerang. Parahnya lagi pekerja-pekerja tersebut bukan hanya pria melainkan seorang wanita. Dari pekerjaan berat tersebut mereka hanya mengantongi sekitar 150.000 sampai 200.000 rupiah saja. Rasanya uang segitu sama sekali tidak setimpal dengan beratnya medan yang ditempuh, berat batu, belum lagi udara tidak sehat yang mereka hirup setiap hari. Bisa jadi karena udara yang kotor tadi akan menimbulkan penyakit seperti sesak napas, dan paru-paru. Jika dihitung-hitung biaya berobat ke rumah sakit justru akan semakin mahal ya. Tapi mau bagaimana lagi, demi menyambung hdup keluarga, mereka harus rela melakukannya. Jadi sadar kan pekerjaanmu saat ini nggak ada apa-apanya.

sumber: unsplash

Tukang gali kubur

Jenis pekerjaan ini juga banyak terdapat di Indonesia. Mungkin setidaknya setiap harinya jasa mereka sangat dibutuhkan. Ini dikarenakan setiap harinya pasti ada orang yang meninggal. Mereka harus bekerja cepat untuk menggali tanah agar jasad orang yang meninggal bisa sesegera mungkin dikebumikan. Selain sebagai tukang gali, biasanya mereka juga merangkap sebagi tukang bersih-bersih makam. Bayangkan berapa puluh bahkan ratusan makam yang setiap harinya harus dibersihkan, terutama jika area pemakaman lumayan luas.

Sumber: Pexels.com

Loper koran keliling

Menjadi loper koran keliling bukanlah pekerjaan yang mudah. Jika tidak tepat waktu mengirim ke langganan, bisa-bisa mereka berhenti untuk berlangganan. Selain itu jaman sekarang berita sudah mudah diakses melalu smartphone atau media elektronk lain seperti televisi dan warnet. Jadi perlu kerja keras walaupun dengan gaji minimal yang harus diterima demi untuk bertahan hidup.

Sumber: unsplash.com

Sumber:
Loop.id. “Sampe mempertaruhkan Nyawa, 4 Pekerjaan Ini Gajinya Gak Setimpal Banget Dengan Pengorbananya”. 03 Juli 2018. https://loop.co.id/articles/pekerjaan-dengan-gaji-tak-setimpal?page=2

Tribun News. “Masih Sering Keluhkan Gaji? Lihat Perjuangan Pembersih Selokan yang Hanya Dibayar Rp 138 Ribu”. 01 Juni 2018. https://m.tribunnews.com/internasional/2018/06/01/masih-sering-keluhkan-gaji-lihat-perjuangan-pembersih-selokan-yang-hanya-dibayar-rp-138-ribu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here