4 Kepribadian Orang Berdasarkan Karakteristik Temperamennya

0
29
Sumber: Facebook Kuistermperamen

Dalam dunia psikologi, ada bermacam-macam teori untuk menguak karakteristik seseorang. Mengenal karakteristik seseorang bermanfaat untuk memulai suatu hubungan, misalnya dalam hal pekerjaan. Maka dari itu kita sering melewati psikotest sebelum memasuki suatu perusahaan, hal ini bertujuan untuk menilai karakter calon karyawan baru. Salah satu metode yang digunakan adalah menilai karakter seseorang berdasarkan temperamennya. Berdasarkan garis besarnya karakter seseorang bisa dibagi ke dalam 4 kelompok, yaitu sanguinis, plegmatis, koleris, dan melankolis. Berikut pembahasannya.

Tipe Sanguinis

Orang-orang dengan tipe ini umumnya adalah orang dengan karakter optimis, semangat, selalu anatusias. Pembawaannya yang riang selalu bisa menarik perhatian. Disamping itu orang sanguinis juga termasuk yang senang diperhatikan. Sanguinis adalah tipe yang senang berpetulang dan berani mengambil resiko karena karakternya yang senang dengan tantangan. Orang dengan tipe karakter seperti ini tidak bisa bertahan lama pada hal-hal yang monoton, mudah terkesan namun juga mudah hilang minatnya, intinya dia adalah pembosan. Terlepas dari karakter yang sembrono, orang sanguinis bisa dengan mudah menyerap ide-ide dan cenderung kreatif. Pekerjaan yang cocok untuknya adalah marketing, traveller, fashion, bidang kuliner, dan pekerjaan lain yang tidak monoton.

Sumber: Facebook Kuistermperamen

Tipe Plegmatis

Orang plegmatis lebih menyukai kedamaian dan keharmonisan. Berusaha menghindari konflik adalah ciri yang menonjol dari orang plegmatis. Karena pembawaannya yang tenang, orang plegmatis cenderung pendiam di kehidupan sosialnya. Meskipun pendiam, dia akan sangat merasa cocok dengan kegiatan sosial karena perasaannya penuh cinta dan suka menolong sesama. Terkadang orang plegmatis kurang berorientasi pada tujuan. Pekerjaan yang cocok antara lain, guru, perawat, dan pekerja sosial.

Sumber: Facebook kuistemperamen

Tipe Koleris

Sifat orang koleris yang paling menonjol adalah agresif dan berusaha mendapat apa yang diinginkan bagaimanapun caranya. Orang koleris termasuk egois, namun ia selalu berusaha berorientasi pada target, hebat dalam menganalisis, dan logis. Jiwa kepemimpinan orang koleris juga patut diacungi jempol. Tipe koleris lebih senang menghabiskan waktu dengan mengerjakan hal-hal yang bermanfaat, jadi basa basi bukan salah satu sifatnya. Mereka sering berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dan tentunya bisa menguntungkan dirinya. Mereka cocok bekerja di bidang teknik, statistik, manajemen, dan teknologi, karena kemampuan analisisnya yang hebat dan selalu berorientasi pada target.

sumber: Facebook kuistemperamen

Tipe Melankolis

Orang melankolis cenderung sensitif, perasa, dan peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Karakter melankolis biasanya adil karena ia ingin semua mendapat hasil yang seimbang. Pikirannya sangat kreatif sehingga selalu berusaha menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dialaminya. Karena pembawaannya yang sensitif, pada umumnya orang melankolis sulit melupakan rasa sakit meskipun sudah terjadi lama. Ia bahkan mudah larut dengan pikiran negatif sehingga rawan terombang-ambing. Orang melankolis cocok bekerja di bidang keadministrasian dan akuntansi karena perhitungan keakuratan yang relatif baik.

Sumber: facebook kuistemperamen

Setelah tahu karakter-karakter tersebut, mungkin Kamu akan berpikir dan menerka-nerka mana yang termasuk sebagai karakter Kamu. Meskipun penelitian ini masih digunakan dalam beberapa penerapan ilmu psikologis, ada baiknya Kamu tidak serta merta menerima dengan mentah-mentah teori tersebut. Hal yang bisa diambil dari pengetahuan karakter tadi adalah Kamu bisa mengenali orang-orang yang sedang kamu hadapi dalam suatu hubungan agar bisa mengatasi masalah-masalah yang mungkin saja terjadi dalam hubunganmu. Tapi sekali lagi harus diingat, teori tadi bukannlah parameter untuk kita menjudge orang sebelum mengenalnya lebih dalam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here