14 Kebiasaan-Kebiasaan Tak Lazim Orang Indonesia

0
11

Sebagai warga +62, kamu pasti tahu banget kebiasaan-kebiasaan orang-orang Indonesia yang menurut warga negara lain agak unik dan cenderung nggak lazim.

Kebiasaan-kebiasaan yang kayak apa sih? Penasaran?

Yuk simak yuk ulasan berikut ini!

1. Belum makan nasi artinya belum makan

Kebiasaan pertama yang sudah mendarah daging yaitu kalau belum makan nasi, artinya belum makan. Meski sebelumnya udah makan bakso, soto, mi goreng, dan sebagainya.

Bagi warga Indonesia, belum afdhol rasanya kalau belum makan nasi. Saking uniknya, mi bisa jadi lauk nasi. Padahal, kita tahu kalau mi karbohidratnya udah tinggi, apalagi kalau ditambah nasi. Karbo kuadrat!

2. Ramah ke siapa aja

Orang-orang dari negara lain saat berkunjung ke Indonesia, pasti akan merasa aneh sekaligus senang. Karena orang Indonesia bisa ramah ke siapa aja. Kebiasaan yang menurut kita biasa aja, ternyata dianggap luar biasa oleh warga asing.

Patut dilestarikan nih!

3. Sambal adalah booster

Kalau kamu warga Indonesia kamu pasti udah akrab banget sama yang namanya sambal. Sambal dianggap sebagai penggugah nafsu makan nomer 1. Makannya, kamu sering banget denger ada orang ngomong “wah, kurang sambenya doang nih” atau “duh, lauk tempe gini paling enak dipasangin sama sambel”.

4. Makan pakai tangan

Kebanyakan orang Indonesia, apalagi yang tinggalnya di daerah pedesaan, kalau makan pasti pakai tangan. Bagi warga Indo, makan pakai tangan adalah kenikmatan haqiqi.

5. Apapun makanannya, krupuk adalah temannya

Di Indonesia, banyak banget warung makan yang selalu menyediakan krupuk buat teman makan. Bagi warga Indo, belum lengkap rasanya kalau makan nggak ada krupuknya. Bunyinya yang khas waktu kita kunyah bikin nafsu makan kian bertambah. Nyam, nyam,

6. Makan cabe secara langsung

Selain makan sambel, warga Indo juga berani makan cabe secara langsung, apalagi kalau makan gorengan, nggak ketinggalan deh tuh cabe rawit. Hal ini ternyata bikin warga asing salut.

7. Minum kopi pakai tatakan

Kebiasaan unik lainnya yang udah melekat erat di Indo adalah saat minum kopi pakai tatakan. Coba deh kamu ke pegunungan, terus ketemu bapak-bapak yang lagi kumpul di warung sambil minum kopi. Kopi panas yang disajikan oleh penjualnya akan diseduh dalam sebuah cangkir yang diletakkan di atas tatakan. Tatakan ini punya fungsi lain, yaitu buat minum kopi. Jadi, supaya bisa menikmati kopi panas, kopi yang ada di cangkir dituang ke tatakan dan diseruput pelan-pelan. Kapan-kapan kamu cobain deh!

8. Makan di warung makan, tisunya tisu toilet

Waktu lagi makan di warung makan, kau pasti sering banget ketemu yang namanya tisu toilet. Tapi, hal itu udah nggak asing lagi buat kita. Beda lagi, kalau ada wisatawan yang datang terus makan di warung, tuh bule pasti mikir keras, kenapa tisu toilet bisa aa di warung makan.

9. Toilet yang nggak menyediakan tisu toilet

Buat orang Indonesia, paling nyaman pakai air buat bersihin diri habis buang air. Jadi, kebanyakan toiletnya nggak menyediakan tisu toilet sama sekali. Tapi, bagi warga asing yang datang ke Indo, hal ini tampak aneh.

Mungkin, mungkin lho ya gaes, mereka mikir gini “di warung makan aja ada tisu toilet. Kenapa di toiletnya malah nggak ada tisu?” 😀

10. Apapun jenis toiletnya, tetep jongkok

Kamu mungkin salah satu dari warga Indonesia yang kalau buang air di toilet, entah itu toiletnya jongkok atau toilet duduk, tetep milih jongkok. 😀

Yah, mau gimana lagi, emang nyamannya begitu. Hal itu, bisa disebabkan faktor kebiasaan kita dari kecil, jadi saat harus duduk di atas toilet, rasanya agak aneh.

11. Kalau masuk angin dan obatnya kerokan

Entah, hanya di Indonesia atau di luar negeri juga ada, yang warganya sering banget kemasukan angin. Kalau udah masuk angin, warga +62 pasti lebih milih buat kerokan. Kalau merah gelap banget, itu artinya anginnya parah, kalau tipis, berarti belum parah.

Nggak tahu deh, siapa yang memulai, kok bisa gitu ya? 😀

12. Gotong royongnya tinggi banget

Di Indonesia, gotong royong udah jadi hal yang mendarah daging. Pokoknya, kalau ada tetangga yang susah orang Indo asli nggak segan-segan buat bantuin. Hal ini bikin warga asing makin kagum lho gaes, jadi yuk mari kita lestarikan kebiasaan baik ini. Biar dunia tahu, kalau Indonesia itu keren. Cielah,

13. Suka seenaknya kalau nyebrang

Yak, meski senang hidup gotong royong, sayangnya kebanyakan warga Indo masih suka semaunya. Terutama waktu nyebrang jalan, bukan nyebrang di zebra cross, tapi warga Indo punya kebiasaan nyeberang di tempat yang mereka mau.

Kalau udah gitu, kalau terjadi kecelakaan yang dituntut kendaraan bermotornya. Duh, warga negara berflower, plis donk jangan gitu.

14. Manggil wisatawan dengan sebutan ‘bule’

Duh, duh, ini awalnya gimana ya, kok bisa dipanggil bule. Tapi, panggilan bule ini lebih sering ditujukan pada wisatawan dari negara bagian Amerika, Australia dan Eropa lho. Kadang, bule-nya sendiri juga bingung lho, kok bisa dipanggil bule.

Soalnya, kalau dari Korea, Jepang, dan China, semuanya dipanggil ‘orang china’, cuma karena sama-sama sipit.

Aneh banget nggak sih?

Nah, gaes itu tadi 14 kebiasaan tak lazim orang Indonesia. Kebiasaan apa lagi nih yang belum kami sebutkan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here