13 Tips Selamat Dari Serangan Hewan Liar dan Buas

0
244

Bayangin kalau kita ketemu sama yang namanya beruang atau hiu! atau mungkin singa? gimana caranya untuk kita survive dari serangan para predator dan teman-temannya? apa yang bakal kamu lakuin kalau ketemu sama ular? secara naluriah kita akan berlari sekencang-kencangnya ya guys, hihihi, saya juga pasti gitu. Tapi, sebenarnya lari kenceng dengan kecepatan yang udah di full nggak menjamin kita selamat loh guys! kok gitu? kepo kan? hehehe…

Karena kalau dibandingkan dengan para hewan liar fisik kita emang kalah total guys, but don’t worry! kita sebagai manusia yang diciptakan Tuhan dengan sebaik-baiknya adalah makhluk yang berakal dan memiliki kemampuan berpikir lebih. Terus? ya namanya sama-sama makhluk Tuhan ya guys, hewan liar nan kuat bin buas juga punya titik lemah, apa aja sih? berikut 13 tips yang yang harus kamu saat berhadapan dengan hewan liar dan buas!

13. Hiu
Kita semua pasti sudah tidak asing dengan hewan laut yang satu ini. dari 150 spesies hiu yang ada, hanya 20 spesies yang menyerang manusia. But guys, kebanyakan dari kaum hiu nggak ngeliat kita sebagai makanan lo! hiu adalah salah satu spesies laut yang sangat tertarik dengan yang namanya darah. Tapi nggak cuma darah loh guys, ternyata hiu juga tertarik sama yang namanya urine. So, kalau kamu lagi renang di lautan dan ketemu sama Mr. shark usahain buat gak ngeluarin darah atau urine dalam air ya guys, karena dua hal tersebut akan menarik perhatian si hiu. Tapi kalau kamu udah terlanjur ketemu sama si hiu, jangan berenang menjauh apalagi membelakangi si hiu tersebut karena ternyata cara yang benar adalah dengan terus mengamati hiu tersebut dan kalau si hiu ini masih maksa buat nyerang padahal kita udah baik hati diem ngamatin dia, pukul aja bagian insang dan matanya guys. karena ini adalah area sensitif dan titik lemah si hiu.

12. kanguru
Hehehe, siapa sangka hewan imut nan lucu yang suka bawa anak mereka dalam kantong ini ternyata juga bisa jadi berbahaya. Hewan lucu ini bisa menjadi ancaman untuk kita, kalau kita berani memasuki daerah teritorial mereka dan ketika mereka merasakan adanya bahaya. Nah, kalau kita udah ketemu dengan si kanguru ini caranya kita harus batuk, iya kamu nggak salah baca. Kamu harus batuk, ini akan membuat kanguru berpikir bahwa kamu sedang demam besar kemungkinan hewan lucu satu ini nggak jadi nyerang kamu. Jauhi secara perlahan. Ini akan membuatmu terlihat lebih kecil dan karenanya akan memperkecil bahaya. Dan jangan muter sambil lari yah guys, itu akan membuat kanguru terprovokasi untuk mengejar kita dan malah berbalik membahayakan kita.

11. Singa
Hewan liar yang terkenal dengan sebutan raja rimba ini adalah salah satu hewan liar nan buas yang memiliki semangat bertarung yang sangat tinggi dan sulit dikalahkan. Tapi apa yang harus kamu lakuin saat ketemu dengan hewan yang satu ini? Pertama yang harus kita lakukan adalah menatap mata singa tersebut dengan tatapan tajam dan kita juga harus terlihat lebih besar dari si singa, biasanya supaya keliatan lebih besar orang-orang bakal ngelepas jaket mereka dan mengangkat tinggi-tingi kemudian ketika udah terlihat besar kita harus percaya diri dan berteriak dengan sangat lantang. Hal tersebut akan membuat singa berpikir bahwa kita lebih kuat guys!

10. Gajah
Hewan dengan belalai panjang yang hampir selalu ada di setiap kebun binatang seantero indonesia ini juga bisa dikategorikan hewan liar yang berbahaya loh guys! walaupun dia makan rumput tapi enggak kurus-kurus, apa hubungannya coba? hehehe, yang jelas nggak ada guys. Gajah adalah salah satu hewan yang pandai dan bersahabat, tapi mereka juga tahu gimana buat nyerang manusia. Dan hal yang harus kamu tahu dari gajah bahwa dalam setiap tahunnya ada paling tidak 100 korban jiwa akibat serangan gajah loh guys! jadi kalau kamu ketemu dengan gajah yang belalainya udah tergulung dan telinganya tertarik ke belakang, siap-siap deh buat kamu mencari tempat persembunyian dari gajah tersebut.

09. Badak
Badak adalah hewan liar yang memiliki penglihatan buruk. Itu kenapa guys si badak ini gampang banget ditakut-takuti dan memprovokasi mereka buat nyerang. Dan jangan salah mengira ya guys, walaupun gede banget badannya tapi kecepatan larinya bisa mencapai 37 mil per jam. Hohoho, ini adalah alasan buat kita bahwa susaaaah banget buat lari lebih cepat dari si badak. Terus kalau kita ketemu si badak apa dong yang mesti kita lakuin? satu-satunya cara untuk kelyar dari si badak adalah dengan bersembunyi di balik pohon besar. Itu akan menjadi penghalang yang besar untuk si badak.

08. Kuda Nil
Mamalia yang sukanya rendem di air ini juga bisa menjadi ancaman untuk orang-orang disekitarnya loh guys, jangan salah! nah, seperti badak yang walaupun besar bisa lari kenceng, si kuda nil yang keliatan banyak lemak dan pemalas ini juga bisa lari kenceng guys. Kecepatannya mencapai 18,5 mil per jam atau setara dengan 30 km/jam. Hohohoho. kudanil lari kenceng kayak gitu aja nggak kurus-kurus ya guys? apaan sih, oke lanjut ke kudanil, dan tahukah kalian kuda nil ini lebih berbahaya dari singa karena menyebabkan kematian yang lebih banyak dari si raja rimba guys! nah, kalau kalian lagi safari ke area kudanil dan cuaca lagi panas jangan coba-coba buat masuk ke semak-semak deh guys. Karena mereka suka sembunyi dalam semak-semak gitu guys. nah, kalau kalian udah terlanjur ketemu sama si kuda nil ini, yang mesti kamu lakuin sederhana kok. Kamu panjat pohon yang tinggi, batu atau lari ke bukit yang curam. Perlahan ia akan meninggalkanmu sendirian, seperti mantanmu yang ninggalin kamu sendirian. hehehe…

07. Banteng
Banyak orang berpikir bahwa banteng bereaksi hanya pada warna merah. Faktanya, itu nggak benar guys! yang benar adalah si banteng bereaksi pada sesuatu yang bergerak bukan pada warna merah dan kawan-kawannya. Dan kalau si banteng lari ke arah kamu, yang harus kamu lakukan adalah stay cool dan tetap tenang di tempat. Lalu gunakan topi, atau atribut lain yang sedang kamu kenakan di tangan sebagai umpan. Kemudian ketika si banteng berlari cukup dekat, sebisa mungkin buang jauh-jauh benda yang kamu gunakan sebagi umpan tadi darimu, sejauuuuh mungkin ya guys. Si banteng bakal mengubah arah sasaran dan ngejar benda yang kamu buang tadi.

06. Ubur-Ubur
Ubur-ubur adalah salah satu hewan yang sering di uber sama spongebob tapi nggak diuber sama kita ya guys, hehehe, kadang penasaran juga kenapa si spongebob nggak mati-mati padahal udah disengat ratusan kali. Kok bisa sampai spongebob, oke lanjut ke ubur-ubur. ubur-ubur adalah makhluk air yang menyerang musuhnya dengan cara menyengat. Sengatannya cukup mematikan loh guys. Tapi, ada beberapa orang yang percaya bahwa buang air kecil atau menyiram bagian yang terluka dengan air seni dapat meringankan rasa sakit yang timbul akibat sengatan ubur-ubur tersebut. Faktanya ya guys, ini adalah kepercayaan yang salah untuk diyakini. Yang benar adalah bersihkan bagian yang tersengat dengan air garam. Selanjutnya dengan menggunakan penjepit atau stik, pindahkan bagian ubur-ubur yang masih tersisa. Dan kalau kamu punya obat alergi, kamu bisa gunakan obat itu untuk mengobati bekas sengatan ubur-ubur tadi guys.

05. Buaya
Hewan liar yang juga biasa disebut dengan sebutan alligator ini adalah hewan yang memiliki rahang terkuat di planet kita tercinta. Mungkin kalau ada nominasi “hewan dengan rahang terkuat” buaya adalah pemenangnya guys.dan kalau kamu kebetulan apes ketemu sama buaya ini kamu pukul kuat-kuat bagian mata dan kerongkongannya. Kenapa? karena itu adalah tempat paling sensitif untuk kaum buaya.dan kalau kamu lagi apes level dua alias ketemu dengan buaya dalam keadaan kamu dikejar-kejar gitu, buat suara seberisiiik mungkin guys dan berlarilah dengan cara zigzag. Berlari zigzag akan membuat buaya kesulitan ngejar kamu guys. Dan kalau kamu lihat buaya lagi renang nih guys, jangan buat suara deburan deh, itu akan mengundang perhatian buaya guys.

04. Ular
Ada banyak jenis ular yang tidak berbahaya maupun berbisa, dan tahukah kalian 80 persen orang di dunia yang digigit mencoba untuk mengejar reptil yang satu ini. Nah guys, kalau kamu ketemu sama hewan licin ini atau mungkin ada ular yang ngikutin kamu, berjalanlah menjauh dengan menghentak-hentakkan kaki dengan perlahan. Hal tersebut akan membuat si ular bingung, lama-lama si ular bakal pergi. Tapi kalau udah kegigit, jangan coba buat hisap bisa dari lukanya yah guys, hehe, mau ngikutin gaya-gaya di film gitu? jangan nekat yah guys, bahaya! cara yang benar bersihkan bekas luka dengan air mengalir dan pasangkan turniket atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghentikan peredaran racun.

03. Beruang
Beruang kalau dalam bentuk boneka adalah suatu benda yang lucu dan enak dipeluk, tapi kalau dalam bentuk nyata gitu! wah, wah, bahaya guys. Jangankan dipeluk, kita membelai aja pasti udah gemetaran. Beruang adalah jenis hewan liar yang jarang banget nyerang manusia. Nah, sangat perlu untuk tahu beberapa aturan yang berhubungan dengan beruang. Pertama, jangan lari yah guys. Karena kalau kita lari, kita jadi keliatan kayak mangsanya beruang gitu.selain itu, beruang dapat meningkatkan kecepatan lari mereka sampai 30 mil per jam. Kedua, jatuhkan diri kita ke tanah dan melengkuhkan tubuh kita hingga menyerupai bola, dan gunakan tangan kita untuk menutup leher kita. Ketiga, berpura-pura mati. Si beruang mungkin akan melemparmu sedikit. Tapi, jangan panik guys! beruang akan meninggalkan kalian kalau kalian tetap dengan akting kalian.

02. Gorilla
Salah satu hal yang membuat gorilla tampak istimewa adalah memiliki sifat untuk melindungi keluarganya dari berbagai ancaman musuh. Oleh karena hal tersebutlah, gorilla juga disebut dengan raja hutan. Dan gorilla tidak akan menyerang kita kalau kita bersikap baik pada mereka. Duduk untuk terlihat lebih kecildan agar terlihat tidak terlalu menjulang tinggi dari si gorilla. Cobalah untuk berbicara pelan atau berbisik dan hindari kontak mata. Pada kondisi menyerang atau didekati gorilla, lengkungkan tubuh kita agar menyerupai bola. Karena gorilla tidak akan menyerang lawan yang lebih lemah. Hohoho, keren yah

01. Lebah
whohoho, siapa yang nyangka coba makhluk kecil kayak lebah masuk kategori makhluk liar yang berbahaya. Lebah adalah hewan liar kecil yang akan melindungi sarang mereka. Para lebah bisa menggigitmu walaupun kamu hanya berjalan biasa di sekitar sarang mereka. Dan hal lain yang menarik perhatian lebah adalah warna gelap. Jadi jangan pakai warna gelap, kalau bisa ya pakai warna cerah aja ya guys! hehehe, daaan kalau para lebah ada yang ngikutin kamu, sembunyi aja di tempat yang gelap! karena lebah bersifat fototaksis positif yang berarti tertarik pada cahaya bukan tempat gelap.

Itu dia 13 tips bertahan dari serangan hewan liar, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share. Thanks for reading!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here