13 Mitos yang Sebenarnya Lucu Buat Kita Percaya Waktu Udah Gede

0
29

Waktu kita kecil, kita gampang banget buat percaya sama semua yang diucapin orangtua. Bahkan meski ucapan itu nggak masuk di akal. Yah, namanya anak kecil, informasi apapun yang disampaikan orangtua pasti bakal dipercaya karena memang saat itu kita masih polos.

Tapi, sekarang saat kamu udah gede, saat pikiran kita mulai terbuka dan ngerti, pernah nggak sih gaes, kamu mikir kalau yang mereka bilang itu susah buat diterima logika? Dan di saat bersamaan kita malah merasa lucu karena udah percaya gitu aja sama mitos-mitos unik yang mereka bilang. Apa aja sih mitos yang biasa kita dengar dan sampai saat ini masih terus dilestarikan?

1. Nyapu Lantai Nggak Bersih, Nanti Suaminya Berewokan atau Nggak Ganteng

Buat kaum cewek, dulu waktu kamu kecil dan disuruh nyapu lantai, ibumu pasti sering bilang “yang bersih nyapunya, biar suaminya nggak berewokan”.

Jujur aja nih ya, sekarang pas kita udah gede, susah banget nerima mitos yang satu ini. :v. Yah gimana yah, hubungannya nyapu nggak bersih sama suami berewokan apaan coba?

Tapi, kita positif thingking aja lah ya, mungkin maksud orangtua kita supaya kita nyapunya bersih.

2. Nyapu berhenti di tengah jalan, nanti lamarannya berhenti

Masih berhubungan sama nyapu-nyapu nih gaes. Kamu para perempuan Jawa pasti tahu mitos ini. Mitos ini mungkin dimaksudkan supaya kita selalu menyelesaikan pekerjaan kita ya gaes.

Tapi pernah nggak sih, kalian mikir ada hubungan apa antara nyapu berhenti di tengah jalan sama lamaran yang berhenti entah dimana? Apakah, karena yang melakukan lamaran adalah semut? Dan dia terpaksa berhenti karena sapu kita menghalangi jalannya dia?

3. Kalau makan buah dan bijinya ketelan, nanti bisa tumbuh pohon

Kamu pasti pernah banget makan buah semangka atau jeruk terus nggak sengaja bijinya ikut ketelen. Terus orangtuamu bilang “awas nanti tumbuh pohon dari perutmu!”. Terus kita dengan polosnya percaya gitu aja dan takut secara bersamaan, iya gak?

Sekarang, saat kita udah ngerti kalau semua yang kita telan bakal diluruhkan oleh asam lambung, kamu pasti ketawa sendiri karena udah percaya sama mitos itu. Mungkin mitos ini bertujuan untuk membuat kita hati-hati saat makan buah ya gaes. Tapi kalaupun beneran tumbuh, bukannya malah enak, makan buah tinggal metik aja. :v

4. Jangan duduk di atas bantal, nanti bisulan

Nah, mitos yang satu ini juga aneh dan bikin kita bingung. Apakah bantal menyimpan sungut rahasia yang bisa bikin kita jadi bisulan?

Mitos ini memang susah banget buat diterima logika ya gaes. Tapi, mungkin lebih bertujuan untuk membuat kita jadi anak yang sopan, karena menurut orang jawa, sebagai manusia kita harus ngerti batasan dan bantal itu tempat kepala bukan tempat pantat. Bagi orang jawa, menduduki bantal dinilai nggak sopan, makannya, dulu, waktu kecil mbah-mbah kita sering nakut-nakutin “duduk di bantal bikin bisulan”.

5. Jangan makan brutu, nanti jadi pelupa

Mitos berikutnya, yang nggak kalah aneh, ialah “jangan makan brutu, nanti jadi pelupa”. Anehnya, larangan itu hanya berlaku untuk anak-anak, bukan orang dewasa.

Mungkin, karena bagian ini adalah bagian terenak, jadi mereka nggak rela kalau kita yang makan kali ya?

6. Jangan makan di depan pintu, apalagi para cewek single, nanti jodohnya nggak dateng-dateng

Buat cewek, kamu pasti pernah tuh dinasehati buat nggak makan di depan pintu, alesannya nanti jodoh nggak dateng-dateng. Emang nggak masuk akal, tapi mungkin hal ini dimaksudkan supaya kita jadi cewek yang sopan. Menurut orang jawa, makan di depan pintu itu nggak sopan. Kalo dipikir-pikir ada benernya juga sih, cowok mana sih yang mau sama cewek nggak sopan?

Jadi, ciwi-ciwi yang saat ini masih single mungkin bisa merenungkan mitos yang satu ini. Bisa jadi dulunya kamu sering makan di depan pintu, makannya jodoh nggak dateng-dateng.

7. Kalau gigi susu yang bawah copot, lempar ke genteng, kalau yang copot gigi susu yang atas lempar ke tanah

Waktu kecil kamu pasti sering banget denger mitos ini. Entah siapa yang memulai, tapi, mitos ini masih tetap ada sampai sekarang.

Katanya, dengan melempar gigi dengan cara begitu, akan membuat gigi tumbuh lebih cepat dan makin sehat. Ah masak sih?

8. Saat kebelet pup, kita nggak perlu WC, kita hanya butuh batu untuk digenggam

Kamu pasti pernah, waktu lagi main, kebelet pup. Dan kamu galau memilih antara meneruskan permainan yang lagi seru-serunya atau pulang ke rumah buat pup. Lalu keputusan yang kamu ambil bukan pulang buat pup, tapi mengambil batu dan menggenggamnya. Katanya sih, bisa bikin kebeletnya ilang.

Gimana caranya ya, batu yang kita genggam bisa menghentikan rasa kebelet? Apakah batu itu tiba-tiba menyusup ke dalam usus dan menghentikan kontraksi? Atau karena perut takut dipukul batu makannya kebelet itu bisa ilang sendiri? Entah,

9. Jangan Tidur Habis Makan, Nanti Jadi Ular

Mitos yang satu ini emang agak aneh sih, tapi mungkin bertujuan supaya kita nggak memelihara kebiasaan buruk aja. Setuju nggak?

10. Pegangan Tangan sama Lawan Jenis bisa bikin hamil

Kamu pasti pernah dinasehatin orangtua seperti ini.

Tapi, waktu kita belajar biologi yang membahas reproduksi, kita jadi tahu kalau orangtua dulu boongin kita.

Mungkin, positifnya, tujuan dari mitos ini supaya pergaulanmu nggak kelewat batas ya gaes.

11. Lagi Nonton Film, Tiba-tiba filmnya macet, itu artinya VCD-nya kotor

Kamu pasti pernah melakukan ini, saat lagi asyik nonton film, dan tiba-tiba filmnya macet. Terus kamu ambil VCD-nya dan kamu tiup-tiup. Dan anehnya, setelah VCD-nya ditiup-tiup, filmnyanya bisa lancar lagi.

Ini adalah salah satu mitos yang sebenarnya agak susah buat diterima akal, karena, bisa saja kan, film macet bukan karena VCD kotor?

12. Habisin Nasinya, nanti kalau nggak habis, nasinya nangis

Entah bagaimana awalnya, dulu kita percaya gitu aja saat orangtua kita bilang seperti itu.

Mungkin supaya nggak suka buang-buang nasi ya gaes!

13. Polisi tidur adalah polisi hidup yang dikutuk jadi batu

Mitos terakhir yang bisa bikin kamu nyengir saat dewasa adalah mitos polisi tidur. Kata orangtua kita, polisi tidur adalah polisi hidup yang dikutuk jadi batu. Dan, kitanya juga percaya aja waktu diceritain.

 

Itu tadi 13 mitos yang sebenarnya lucu dan bikin kita nyengir saat udah dewasa. Tapi, percaya atau enggak, karena mitos-mitos itu masa kecil kita jadi lucu dan berwarna. Tapi, pernah kepikiran nggak sih, kira-kira siapa orang pertama yang mencetuskan mitos-mitos tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here