13 Film Adaptasi Novel Indonesia Terbaik Ini Sukses Bikin Baper Karena Super Romantis

0
133

Sebagian film romantis Indonesia memang sering diadaptasi dari novel-novel best seller karya penulis-penulis terkenal. Nggak cuma baru-baru ini aja, beberapa tahun yang lalu Indonesia juga rajin memproduksi film dari adaptasi novel lho! Bagi sebagian produser, membuat film tersebut tentunya punya keuntungan tersendiri karena sebelumnya memang banyak novel atau buku tersebut yang telah memiliki banyak penggemar. Nyatanya film-film tersebut juga mendulang kesuksesan karena ceritanya yang bikin baper dan super romantis. Berikut daftarnya.

Dealova

Meski sudah lama rilis yaitu pada tahun 2005, film adaptasi novel teenlit karya Dyan Nuranindya ini masih layak dimasukkan dalam jajaran film adaptasi novel terbaik saat ini. Dealova dibintangi oleh Jessica Iskandar, Ben Joshua, dan Evan Sanders. Film ini disutradarai oleh Dian W. Sasmita dan naskahnya ditulis oleh Hilman Hariwijaya. Bercerita tentang Karra seorang siswi SMU yang terlibat cinta segitiga dengan Ibel dan Dira. Dira adalah cowok cool dan ketus, sedangkan Ibel adalah sosok yang penuh perhatian. Film ini bisa dibilang memiliki kisah cinta yang dramatis dan berakhir menyedihkan. Meski begitu, untuk Kamu yang belum nonton Dealova kayaknya wajib nonton nih. Masih ingat dong sountrack dari penyanyi kondang Once dengan judul yang sama dengan filmnya?

Eiffel I’m n Love

Bagi Kamu penggemar kisah romantis Adit dan Tita dalam Eiffel I’m in Love ini patut untuk berbahagia, pasalnya di tahun 2018 ini tepatnya di Bulan Februari lalu film Eiffel I’m in Love 2 sudah resmi rilis setelah film pertamanya di tahun 2004. Tingkah kocak kedua sejoli ini memang sangat menggemaskan. Adit adalah sosok pria yang cuek dan Tita adalah tipe seorang gadis manja. Kedua orang tua mereka bersahabat sejak lama. Saat pertama kali ketemu keduanya emang saling benci seperti cerita remaja kebanyakan, tapi bumbu-bumbu komedi romantis dalam film garapan Nasri Cheppy dan penulis naskah Riheam Junianti ini lumayan bikin terhibur.

Ayat-Ayat Cinta

Film adaptasi dari novel fenomenal karya Habiburrahman El Shirazy ini sukses mencuri perhatian penggemar film di Indonesia. Film bernuansa religi ini rilis di tahun 2008 dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, dan Carrisa Putri sebagai pemain utama. Sedangkan di film ke 2 nya yang baru-baru ini rilis nama Tajana Saphira, Dewi Sandra, dan Chelsea Islan didapuk untuk menjadi main role dengan cerita yang berkembang untuk mendukung pemeran karakter utamanya, Fedi Nuril. Film garapan sutradara kawakan Hanung Bramantyo dan penulis naskah Retna Ginatri S. Noor ini menceritakan sosok pemuda sempurna yang cerdas, religus, sukses, namun dengan cerita cinta rumit bernama Fahri. Banyak wanita-wanita di sekililingnya yang mendambakan dirinya menjadi seorang suami, hingga akhirnya takdir memaksanya untuk berpoligami. Sountrack filmnya yang enak didengar tentunya menambah kesan romantis di film yang mengharu biru ini.

Summer Breeze

Summer Breeze diadaptasi dari novel karya Orizuka. Disutradari oleh Allan Lunardi dan Titien Wattimena sebagai penulis naskah, Summer Breeze akhirnya menjadi film romantis Indonesia yang rasanya sayang untuk dilewatkan. Meski sudah lama rilis di tahun 2008, film hasil kerjasama Starvision Plus dan Credo Pictures ini sangat cocok ditonton bersama pasangan di waktu senggang. Ceritanya masih sekitaran cinta segitiga ya, yaitu Ares dan Orion sama-sama mencintai gadis cantik bernama Reina. Demikian juga Reina yang menyayangi keduanya. Penasaran Reina pilih yang mana nih? Makanya buruan tonton aja. No spoiler allert ya!

Winter in Tokyo

Winter in Tokyo adalah novel romansa karya Ilana Tan. Sesuai judulnya, film yng diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini, melakukan syuting di Jepang. Kamu nggak usah kaget kalau para pemainnya memang dipilih karena memiliki wajah yang oriental seperti Pamela Bowie, Kimberly Ryder, Dion Wiyoko, dan Morgan Oey. Meski begitu akting pemeran utama dalam film ini memang nggak usah diragukan. Film garapan Fajar Bustomi di tahun 2016 ini bercerita tentang Ishida Keiko yang bertemu Nishimura Kazuto setelah 10 tahun. Keduanya terlibat kisah cinta rumit, apalagi setelah kehadiran Kitano Akira yang merupakan cinta pertama Keiko.

Dear Nathan

Dear Nathan sempat menghebohkan jagat film Indonesia. Ceritanya sendiri diangkat dari Wattpad karya Erisca Febriani yang akhirnya bekerja sama dengan Best Media untuk dicetak. Dear Nathan disutradarai oleh Indra Gunawan dan Bagus Bramanti sebagai penulis Naskah. Ceritanya berangkat dari kisah cowok SMA bandel bernama Nathan dan Cewek baik hati bernama Salma. Keduanya memiliki kisah cinta khas anak SMA masa kini yang romantis. Dibintangi Jefri Nochol dan Amanda Rawles film ini akhirnya berhasil meraih kesuksesan di Indonesia, khususnya di kalangan remaja.

Refrain

Film Refrain diangkat dari cerita Novel dengan judul yang sama karya Winna Efendi. Film ini rilis di tahun 2013 dan mempercayakan Fajar Nugros sebagai sutradara dan didukung penulis naskah Haqi Achmad. Dibintangi Afgan dan Maudy Ayunda yang saat itu jadi idola remaja nyatanya mengantarkan film ini meraih kesuksesan. Keduanya memerankan karaker Niki dan Nata sebagai pelajar SMA yang saling jatuh cinta dan menyukai dunia musik. Ceritanya pun semakin seru dengan kehadiran Annalise dan Oliver dalam kehidupan mereka.

Perahu Kertas

Perahu kertas berkisah tentang Kugy seorang cewek tomboy juga periang dan Keenan yang pandai melukis. Hubungan pasang surut antara kedua sahabat ini mewarnai pencarian jati diri masing-masing. Film drama romantis ini rilis di tahun 2012 berdasarkan novel karya Dewi Lestari. Kalau bicara film garapan Hanung Bramantyo rasanya nggak perlu diragukan lagi kualitasnya, apalagi didukung pemeran utamanya yaitu Adipati Dolken dan Maudy Ayunda.

Critical Eleven

Film ini cocok untuk ditonton mereka yang sudah menikah, karena konflik dalam film ini mengangkat cerita cinta yang dewasa. Diadaptasi dari sebuah novel best seller karya Ika Natassa, disutradarai Monty Tiwa bersama Robert Ronny sekaligus penulis naskah Jenny Jusuf, film ini memberikan kesan tersendiri bagi penontonnya. Diceritakan Ale dan Anya bertemu dalam perjalanan dari Jakarta menuju Sydney, keduanya kemudian terlibat cinta lokasi dan akhirnya berhasil menikah. Namun siapa sangka tragedi pun terjadi dalam rumah tangga mereka. Diperankan oleh Reza Rahardian dan Adinia Wirasti, film ini berhasil membawa penonton larut dalam emosi yang luar biasa hebatnya.

Dilan 1990

Siapa yang nggak tahu film fenomenal ini sih? Di media sosial sendiri meme Dilan 1990 sangat banyak kita jumpai. Film ini diadaptasi dari novel pertama Dilan berjudul Dilanku 1990 buah karya Pidi Baiq. Iqbal Ramadhan dan Vanesha Prescillia berhasil memerankan karakter Dilan dan Milea dengan sangat apik. Kisah cinta romantis ini bersetting di tahun 1990 sehingga ketika menontonnya, Kamu akan menemukan dialog-dialog dengan bahasa puitis ala Dilan lengkap dengan gombalan-gombalannya.

Arini

Film Arini yang tayang baru-baru ini diangkat dari novel karya Mira W dengan judul Masih Ada Kereta yang Akan Lewat. Film romantis ini diperankan oleh Aura Kasih dan Morgan Oey. Berkisah tentang Arini seorang perempuan yang dikhianati oleh sang suami dan enggan menjalin cinta lagi, mencoba membangun kembali karirnya meskipun jatuh bangun. Kehidupannya berubah karena hadirnya Nick, seorang pria dengan jarak usia 10 tahun lebih muda yang ternyata berusaha keras mendapatkan cintanya.

Teman Tapi Menikah

Teman Tapi Menikah adalah karya pasangan suami istri Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion yang menceritakan pengalaman cintanya semasa SMA. Disutradarai oleh Rako Prijanto, dan dibintangi aktor muda Adipati Dolken dan pendatang baru Vanesha Prescillia rasanya nggak muluk-muluk kalau menyebut film ini termasuk film yang sangat dinanti-nanti para kaum muda. Di film ini Kamu akan menemukan adegan-adegan romantis yang pasti bikin baper dan ikutan hanyut dalam ceritanya.

Serendipity

Diangkat dari kisah novel dengan judul yang sama karya Erisca Febrini, Serendipity berhasil mencuri perhatian penikmat kisah cinta romantis di Indonesia. Film ini juga diperankan oleh aktris cantik Mawar Eva De Jongh, Kenny Austin, dan Maxime Boutier. Serendipity bercerita tentang Rani yang berusaha mati-matian melunasi hutang ayahnya dengan bekerja sebagai lady escort. Hidupnya mendadak hancur setelah foto-fotonya tersebar dan ditinggalkan kekasihnya Arkan. Namun kehadiran Gibran seolah membawa harapan baru bagi Rani dalam menjalani kehidupannya.

Itu dia beberapa rekomendasi film adaptasi novel Indonesia super romantis yang bisa Kamu tonton bersama pasangan di waktu senggang. Kira-kira mana nih yang paling bikin Kamu penasaran sebelum menontonnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here