12 Penemuan yang Telah Mengubah Hidup Manusia

0
110
Source : https://unsplash.com/@agkdesign

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki akal budi sehingga dapat menemukan, membuat dan mengembangkan banyak hal dari titik 0 untuk membantu dirinya sendiri dalam kehidupan. Di samping semua pembuatan hingga perkembangan yang sudah tercapai, berikut adalah 12 penemuan tersendiri yang muncul dan sukses mengubah arah hidup manusia.

1. GPS

Source : https://unsplash.com/@cedric

GPS atau Global Positioning System adalah sebuah alat yang mulai di kembangkan pada tahun 1978. Alat ini memiliki tujuan agar kita dapat menemukan sebuah lokasi dengan cepat dan mudah. Meskipun pada awalnya penemuan tersebut hanya bisa di akses oleh orang-orang dengan profesi tertentu seperti pilot, kini kita dapat melihat bahwa seluruh masyarakat boleh mengaksesnya melalui gadget mereka masing-masing.

2. Lampu

Source : https://unsplash.com/@aindraus

Kalau manusia zaman purba hanya sekedar mendapatkan penerangan dari api yang bisa padam dalam sekejap, sekarang kita semua dapat merasakan pencahayaan yang bersumber dari listrik berkat 2 orang penemu bernama Thomas Alva Edison dan Joseph Swan. Wow! Bukan hanya itu saja. Lampu pun sudah berkembang menjadi beberapa jenis. Mulai dari bohlam sampai kepada LED.

3. Printer

Source : https://unsplash.com/@bank_phrom

Eits! Jangan pernah meremehkan sebuah printer yang berada di rumah kalian! Mengapa? Karena sebelum printer tercipta, kita perlu mengandalkan tenaga ekstra dari tangan, tinta serta kertas untuk menuliskan sesuatu yang berasal dari pikiran. Bisa pendek bisa panjang lho! Coba kalau sekarang. Tinggal ketik di Microsoft Word, pilih opsi print, selesai deh!

4. Radio

Source : https://unsplash.com/@fancycrave

Ucapkanlah terima kasih kepada bapak Guglielmo Marconi yang berasal dari Italia atas penemuan yang mengesankan ini. Berkat dirinya, kini kita bisa mendengarkan semua musik, iklan serta berita dari berbagai stasiun radio seperti Hard Rock FM, FeMale Radio dan Virgin Radio.

5. Kulkas

Source : https://unsplash.com/@jessicamaephotographyga

Tahukah kalian bahwa kulkas yang pertama kali di gunakan secara massal adalah kulkas yang di buat oleh sebuah perusahaan bernama General Electric pada tahun 1927? Ya, sebagai penyimpan bahan makanan dan minuman, kulkas memiliki peranan penting untuk mencegah kebusukan. Nah, andaikata penemuan ini belum muncul sampai sekarang, tentu kita akan merasa kerepotan.

6. Pistol

Source : https://unsplash.com/@sebastian_poc

Versi paling pertama dari sebuah pistol di gunakan pada abad ke-13. Selanjutnya, pistol terus berkembang sehingga menjadi lebih modern lalu mulai di perkenalkan kembali pada tahun 1857. Karena sering di kaitkan dengan peperangan, kompetisi dan kejahatan, akan jauh lebih baik jika semua orang dari setiap negara menggunakannya dengan bijak sesuai peraturan yang berlaku.

7. Telepon Genggam

Source : https://bestcellphonespyapps.com

Jumlah penggunaan telepon genggam pada saat ini terus berkembang pesat sekalipun sudah mencapai angka miliaran. Selain itu, jika dulu Nokia terkenal sebagai perusahaan telepon genggam paling populer di dunia, kini posisinya sudah tergeser jauh karena adanya perusahaan-perusahaan lain seperti Apple, Samsung, Oppo, Asus dan masih banyak lagi.

Apa kegunaan dari telepon genggam? Mengirimkan pesan, menghubungi seseorang lalu bercakap-cakap, menonton video, bermain game dan lain-lain. Karena semua fasilitas tersebut, kita sudah tidak perlu lagi mengandalkan burung merpati kawan!

8. Kamera Digital

Source : https://unsplash.com/@darkleiv

Dulu, kamera digital hanya mampu mengeluarkan ketajaman gambar sebesar 0.01 megapiksel. Kini, sebuah kamera digital dapat mengambil dan mengeluarkan ketajaman gambar mencapai 160 megapiksel. Luar biasa, bukan? Semua itu tidak lepas dari campur tangan seseorang yang bernama Steven Sasson pada tahun 1975.

9. Robot

Source : https://unsplash.com/@agkdesign

Ketika robot hanya menjadi sekedar angan bagi orang-orang di masa lalu, sekarang robot berubah menjadi kenyataan yang tidak mustahil lagi untuk di raih oleh para peneliti. Selanjutnya, robot pun sudah memiliki banyak manfaat. Merangkap menjadi asisten rumah tangga, teman mengobrol hingga pengambil barang.

10. Televisi

Source : https://nyoobserver.files.wordpress.com

Mula-mula, televisi hanya mengandung 2 warna yaitu hitam dan putih. Pada tahun 2018, penemuan ini sudah sangat berkembang. Bukan hanya dari kandungan warna dan ketajaman gambar saja melainkan juga jenisnya agar semua penonton menjadi lebih nyaman saat melihat sebuah acara.

11. Pesawat Terbang

Source : https://unsplash.com/@snowjam

Ingat tidak dengan cerita kakak beradik bernama Orville dan Wilbur Wright? Benar! Merekalah yang membuat cikal bakal pesawat masa kini sehingga perjalanan antarnegara melalui udara menjadi tidak mustahil lagi bagi semua orang.

12. Internet

Source : http://raoulbianchetti.com

Internet adalah sebuah ruang yang bersifat maya di mana semua orang bisa saling berinteraksi dengan berbagai tujuan. Mulai dari berdagang, bermain saham, mencari informasi tertentu hingga membagikannya kepada orang lain. Cakupan ruang yang satu ini begitu luas karena penggunaannya melibatkan sekitar 25% dari seluruh populasi dunia.

 

Demikianlah daftar dari 12 penemuan yang berperan dalam mengubah kehidupan manusia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semua yang membaca! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here