12 Karakter Captain Tsubasa Ini Ternyata Terinspirasi Legenda Sepak Bola Dunia

0
179

Kalau udah bahas soal dunia sepak bola, kita nggak akan Cuma bahas kekalahan Kroasia pada Piala Dunia kemarin kita juga pasti akan bahas serial animasi Captain Tsubasa, yang memang sejak dulu fenomenal. Semua orang, khususnya generasi 90-an pasti tahu serial anime karya Yoichi Takahashi ini. Anime yang satu ini benar-benar memberikan tampilan betapa heroiknya dunia sepak bola.

Tapi, tahukah kamu bahwa dibalik penciptaan karakter Captain Tsubasa, ada sosok-sosok dari dunia nyata yang menjadi inspirasi penciptaan karakter tersebut? Usut punya usut, ternyata memang benar karakter-karakter dalam serial Captain Tsubasa diambil dari karakter dunia nyata lho! Dan inspirasinya juga nggak tanggung-tanggung, dari para legenda sepak bola dunia. Whoho, kamu pasti baru tahu kan? Kira-kira siapa aja sih karakter Captain Tsubasa yang terinspirasi dari legenda sepak bola dunia? Yuk kita simak, barangkali ada karakter favoritmu.

1. Gino Hernandez – Dino Zoff

Kalian pasti tahu kiper timnas Italia yang satu ini kan? Yang paling susah dijebol gawangnya oleh Tsubasa. Dia tidak pernah kehabisan cara untuk menangkis tendangan-tendangan terbaik anak-anak timnas Jepang. Tidak hanya sebagai kiper yang jago jaga gawang, Gino juga digambarkan sebagai seorang kapten dari timnas Italia.

Dan, kalian wajib tahu kalau ternyata karakter ini terinspirasi dari Dino Zoff. Dino Zoff adalah salah satu kiper terbaik sekaligus kapten Italia yang berhasil saat Piala Dunia tahun 1982. Dia juga digambarkan sebagai sosok yang bisa membangkitkan semangat timnya, persis dengan Gino Hernandez atau Gino yang persis Dino Zoff ya? 😀

Dan yang membedakan keduanya adalah pada klub asal mereka, jika Dino Zoff adalah legenda dari Juventus, sedangkan Gino dari Inter Milan.

2. Karl Heinz Schneider – Karl Heinz Rummenigge

Karakter anime karya Yoichi Takahashi yang terinspirasi legenda sepak bola dunia selanjutnya adalah Karl Heinz Schneider. Kalau sebelumnya ada kiper yang susah dijebol gawangnya, yang ini adalah musuh Tsubasa yang paling susah dikalahin. Karakter yang satu ini digambarkan sebagai karakter yang berasal dari jerman Barat sebagai pemain sepak bola paling berbakat di Eropa. Karl Heinz Schneider juga pernah berhasil menjebol gawang Genzo Wakabayashi dari tengah lapang. Tidak hanya berperan sebagai striker, Karl Heinz Schneider juga digambarkan sebagai kapten timnas Jerman yang di salah satu episodenya pernah memimpin Europe All Star.

Nah, kalau dari dunia nyatanya, Karl Heinz Schneider terinspirasi dari pemain terbaik Jerman Barat pada akhir tahun 1970-an, Karl Heinz Rummenige. Whoah, dari namanya aja udah mirip banget. Dan tidak hanya namanya aja yang mirip, raut wajah, postur tubuh, hingga rambut kuning mereka juga mirip lho!

3. Rivaul – Rivaldo

Rivaul adalah karakter anime yang juga terinspirasi dari legenda sepak bola dunia. Rivaul adalah pemain bola yang bermain untuk timnas Brasil. Untuk karakter yang satu ini Tsubasa bahkan pernah satu tim di klub Catalonia FC. Mereka jadi pasangan duet paling mengesankan di dataran Spanyol bahkan seantero Eropa. Tidak hanya itu, Rivaul digambarkan sebagai karakter yang memiliki tendangan geledek dengan badan tinggi besar dan rambut cepak.

Diliat dari postur badan, karakter main, posisi, raut wajah, sampai nomor punggung, sudah jelas kalau Rivaul adalah versi anime dari Rivaldo. Rivaldo adalah pemain terbaik Brasil. Selain itu, mereka sama-sama berasal dari klub yang sama, Barcelona FC (dalam Captain Tsubasa Catalonia FC adalah interpretasi Barcelona FC).

4. Juan Diaz – Diego Maradona

Kalian yang menonton seluruh episode Captain Tsubasa, pasti ingat momen ketika Tsubasa dan kawan-kawan harus bermain ketat dengan timnas Argentina. Tsubasa harus mengerahkan semua kemampuannya untuk mengalahkan tim Tango yang memang memiliki skill bagus dalam dunia persepakbolaan. Ditambah dengan fakta bahwa Juan Diaz memang digambarkan sebagai striker timnas Argentina yang memiliki skill dribling juara.

Nah, untuk yang satu ini kalian pasti langsung ngeh Juan Diaz terinspirasi dari mana. Yep, betul. Dari Diego Armando Maradona. Semuanya sangat mirip, dari cara bermain, potongan rambut, postur tubuh, warna kulit sampai nomor punggungnya lho!

5. Elle Sid Pierre – Emmanuel Petit

Elle Sid Pierre adalah karakter yang digambarkan bermain untuk timnas Perancis. Yang menjadi jantung dari timnas Perancis. Seorang play maker yang menjadikan timnas Perancis paling ditakuti. Dan momen yang menjadikan Jepang benar-benar kelabakan adalah saat Pierre bergabung dengan Europe All Star dan menyatukan kemampuan denga Schneider.

Nah, untuk versi nyatanya, sosok Pierre ini diambil dari Emmanuel Petit. Seorang jenderal lapangan tengah yang paling disegani. Dan yang paling mirip adalah rambut mereka yang sama-sama dikuncir.

6. Brian Cruyfford – Johan Cruyff

Untuk timnas yang satu ini adalah timnas yang berhasil membuat timnas Jepang tidak pede. Brian Cruyfford adalah karakter yang digambarkan bermain untuk timnas Belanda, selain menjadi pemain yang serbabisa juga menjadi tumpuan timnas Belanda. Dan kalian pasti ingat saat Hiroshi Jito jatuh tersungkur karena tendangan voli Cruyfford.

Dan untuk versi dunia nyatanya adalah Johan Cruyff. Dari namanya aja kita bisa tahu kalau mereka memang mirip. Johan Cruyff memang memiliki skill diatas rata-rata. Dari nama, nomor punggung sampai cara bermain mereka benar-benar mirip.

7. Roberto Hongo – Socrates

Dan sosok Roberto Hongo adalah sosok yang paling berjasa untuk Tsubasa. Roberto Hongo adalah pensiunan sepak bola yang memutuskan untuk menetap di Jepang dan kemudian melatih Tsubasa. Di Jepang sendiri, Hongo tidak begitu banyak yang mengenal. Dia dikenal sebagai seseorang yang hobi mabuk-mabukan tapi jago sepak bola.

Untuk versi hidupya Hongo diadaptasi dari legenda Brasil, Socrates. Dan yang membuat kalian yakin bahwa keduanya mirip adalah keduanya sama-sama pensiun dini karena cedera mata.

8. Alan Pascal – Jorge Valdano

Di serial anime Captain Tsubasa, Pascal digambarkan sebagai teman baik dari Juan Diaz dan berhasil memciptakan duet yang mematikan di tim Argentina. Dan dalam versi nyatanya pun ternyata Valdano memang berteman baik dengan sosok Diego Maradona. Wah, ternyata Yoichi Takahashi nggak tanggung-tanggung ya nyiptain karakternya, nggak Cuma mirip dari skill dan postur tubuh tapi juga sampai dengan siapa si karakter berteman dekat pun dijadikan inspirasi.

9. Tsubasa Ozora – Kazuyoshi Miura

Untuk yang satu ini adalah Tsubasa Ozora. Tokoh utama dan protagonis dari serial anime Captain Tsubasa. Tsubasa diyakini sebagai perwakilan dari pemain handal timnas Jepang yang membantu negara Doraemon itu memenangkan Piala Asia pada tahun 1992. Kemudian pada tahun 1998 lolos ke Piala Dunia. Yang menjadi kesamaan dari kedua tokoh tersebut adalah keduanya sama-sama lahir di Shizuoka dan pernah meniti karir di Brasil.

10. Willem Arminus – Edgar Davids

Willem Arminus adalah salah satu gelandang terbaik yang tergambar dalam serial anime Captain Tsubasa.  Untuk Versi nyatanya Willem Arminus terinspirasi dari sosok pemain bola bernomor punggung delapan, Edgar Davids.

11. Ramon Victorino – Waldemar Victorino

Captain Tsubasa memberikan gambaran tentang Waldemar dalam versi anime. Dan salah satunya adalah dalam serial Captain Tsubasa. Kamu pasti tahu tokoh Ramon bukan? Ramon adalah versi anime dari Waldemar Victorino.

12. Roberto Baggio – Roberto Baggio

Dan ini adalah satu-satunya karakter dalam serial Captain Tsubasa yang menggunakan nama asli pemain bola dari dunia nyata, Roberto Baggio. Baggio dan Tsubasa pernah bertemu di bandara.

Nah, itu adalah 11 karakter Captain Tsubasa yang terinspirasi legenda sepak bola dunia. Favoritmu yang mana nih? Ada yang kamu suka atau kamu mau nambahin? Tulis dikomen ya… dan jangan lupa buat like dan share nya ya sob 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here