12 Hal Tak Terduga di Dunia Yang Bisa Membuatmu Masuk Penjara

0
199

Ada beberapa hal yang bagi sebagian orang mungkin dianggap biasa saja, namun di beberapa tempat terentu hal tersebut ternyata bisa mengundang petaka bahkan bisa buat kamu masuk ke dalam penjara . Wah, kira-kira apa saja ya? Penasaran? Yuk simak 12 Hal Tak Terduga di Dunia Yang Bisa Membuatmu Masuk Penjara berikut ini :

12. Perjudian
Hampir semua negara memiliki regulasi dalam masalah perjudian. Thailand membuat peraturan yang lebih ketat nih guys, karena jenis perjudian legal di Thailand cuma pacuan kuda sama Lotre pemerintah yang dikelola oleh The Government Lottery Office (GLO). Pada pertengahan 1930-an, tindakan perjudian telah dihentikan serta melarang pengorganisasian kegiatan semacam itu. Akibatnya banyak kasino ilegal bermunculan di seluruh penjuru negeri. Akhirnya, pemerintah mengambil alih pembuatan kartu remi dan memutuskan bahwa seseorang hanya boleh memiliki 120 kartu aja. Pemerintah menangkap orang yang melakukan perjudian. Orang asing bahkan bisa dideportasi.

11. Cek Terpental
Cek terpental maksudnya adalah cek yang digunakan untuk melakukan pembayaran namun akhirnya ditolak sebab penulis cek enggak punya dana yang cukup. Di Dubai, jika cek terpental, keluhan bisa diajukan ke polisi yang akan menyelidiki dan mengadili pelaku. Pada saat itu, pelaku harus membayar uang atau masuk penjara. Katakanlah jika mereka memutuskan untuk berada di balik jeruji besi itu, enggak berarti proses hukum berhenti begitu saja. Apabila masa hukuman mereka selesai, penerima cek palsu bisa memulai proses hukum lagi tuh.

10. Obat Penghilang Rasa Sakit
Sebelum mengunjungi Dubai, banyak panduan perjalanan yang memberikan peringatan agar memeriksa kembali obat-obatan yang akan dibawa selama bepergian. Untuk mengurangi risiko kecanduan obat terlarang, pemerintah Dubai menerapkan kebijakan yang ketat, dan pelaku dapat dipenjara atau menghadapi deportasi jika tertangkap membawa zat yang dilarang. Bahan umum seperti kodein dan morfin memerlukan resep dari dokter berlisensi UEA, sehingga setiap pelancong yang membawa obat harus membawa dokumen medis mereka untuk menghindari masalah. Beberapa pelancong bisa dipenjara jika kedapatan membawa obat-obatan yang mengandung zat penghilang rasa sakit.

9. Lupa Membawa Dompet
Ada turis Italia yang tertangkap karena lupa membawa dompet di sebuah restoran steak, akibatnya dia harus menghabiskan malam di penjara. Lho kok bisa ya? Karena hukum di Jepang mengharuskan warga negara asing yang tinggal di negara tersebut untuk membawa kartu identitas ke manapun dia pergi.

8. Berciuman di Tempat Umum
Hukum kesopanan di tempat umum akan berbeda-beda di tiap negara, tergantung pada budaya dan kebiasaan negara masing-masing. Berciuman di depan umum mungkin bisa diterima di Amerika Utara dan Eropa, tapi kalau di Dubai, hmm…hal ini akan mengundang masalah besar, bisa dipenjara juga. Termasuk untuk pasangan yang sudah menikah sekalipun, paling yang diizinkan hanya berpegangan tangan. Menari juga enggak disukai di sana.

7. Mengumpat
Berkata buruk saat mengunjungi daerah tertentu di Australia akan menyebabkan kamu bisa mengdekam selama enam bulan di balik jeruji besi. Queensland, New South Wales, dan Victoria telah mengatur undang-undang bahasa untuk mengurangi kekasaran dalam ruang publik. Hal ini supaya anak-anak enggak harus mendengar ucapan-ucapan kasar. Selain vandalisme dan mengemis, undang-undang ini juga melarang pengucapan yang dianggap tidak teratur, mengancam, atau tidak senonoh. Jika tertangkap, pelaku yang bermulut kotor itu biasanya akan terkena denda atau pengabdian masyarakat.

6. Membunuh Sapi
Membunuh sapi dilarang di beberapa daerah di India. Sapi memegang status simbolis penting untuk agama seperti Hinduisme dan Buddhisme, karena ini sapi dianggap sebagai representasi bumi dan semua makhluk hidup. Untuk menjaga kesucian sapi, diterapkan undang-undang untuk membatasi produksi daging sapi. Daerah Gujarat di India baru-baru ini sepakat menaikkan hukuman maksimum bagi pemotongan ternak untuk dipenjara seumur hidup. Wuih, seram ya.

5. Mencontek
Siapa di sini yang enggak pernah mencontek? Ayo ngaku? Hampir semua pasti pernah melakukannya. Tapi, jangan coba-coba untuk melakukannya di China, bagi siswa yang ketahuan mencontek saat ujian akan dikenai hukuman penjara sampai 7 tahun lho. China emang dikenal sebagai negara yang tegas dalam menegakkan aturan. Peraturan pelarangan mencontek menjadi langkah kuat dalam pencegahan kecurangan karena maraknya kasus kecurangan di China. Beberapa siswa bahkan nekat menyewa jasa joki ujian atau menggunakan cara-cara ekstrim layaknya kaya di film.

4. Pakai Wifi Orang Lain
Di Indonesia mungkin sudah biasa pakai wifi tetangga atau siapapun deh jika memang enggak ada passwordnya. Namun, jika di Singapura, menggunakan wifi orang lain sangat dilarang. Karena Singapura negara yang sangat menjaga privasi. Kalau masih nekat melanggar, hukumannya bayar denda sebesar $ 10.000 dan dibayarkan saat itu juga atau pilihan lain yaitu dipenjara selama 3 tahun. Ayo pilih yang mana?

3. Meludah
Hati-hati nih kalau lagi travelling di Singapura, jangan meludah sembarang kalau enggak mau berakhir kena denda atau masuk penjara. Kedengarannya emang berlebihan ya, tapi faktanyaa Singapura menjadi negara paling bersih karena enggak ada satupun warganya yang berani meludah di mana saja alias pada taat aturan.

2. Menyiram Toilet Umum
Lupa merupakan hal yang manusiawi, namun kalau lupanya adalah menyiram toilet umum, Hmm…sepertinya bisa mengundang petaka tuh. Di Singapura, kalau habis buang hajat jangan sampai lupa untuk menyiramnya ya. Karena kalau sampai ketahuan bisa kena denda sekitar $ 150.

1. Permen Karet
Mengimpor dan menjual permen karet itu ilegal di Singapura. Diperkenalkan pada awal 90-an, pemerintah mengeluarkan larangan ini sebagai respon terhadap sampah berlebih yang disebabkan oleh orang-orang yang mengkonsumsi permen karet. Meskipun tindakan mengunyah permen karet secara teknis diperbolehkan, hal itu mungkin juga ilegal karena hampir enggak mungkin menemukannya. Permen karet bebas gula yang dijual di apotek dipergunakan untuk keperluan medis saja.

Well, demikianlah ulasan mengenai 12 Hal Tak Terduga di Dunia Yang Bisa Membuatmu Masuk Penjara. Lumayan kan buat pengetahuan, hahaha. Sampai jumpa di lain kesempatan. Bye!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here