Gak Harus Pakai DSLR! 10 Tips Fotografi Keren Dengan Kamera Handphone Kamu

0
184

Tidak Harus Menggunakan DSLR untuk hasil foto yang bagus, kamu hanya perlu melakukan 10 Hal berikut ini dengan Smartphone yang kamu miliki!

Smartphone adalah alat komunikasi yang memiliki banyak fungsi. Dari sebagai alat pengirim pesan sampai menjadi alarm untuk membangunkan kita. Selain sebagai alat komunikasi Smartphone juga memiliki banyak fitur, seperti pemutar mp3, organizer, reminder dan tentu saja kamera.

Salah satu fitur smartphone untuk era saat ini yang sedang hits adalah fitur kamera dengan berbagai kemampuan supernya. Tapi tetap saja hasil jepretan kamera smartphone tidak akan maksimal jika kita tidak tahu bagaimana cara menggunakannya.

Untuk kita yang hobi traveling mungkin akan kesal jika hasil jepretan kita tidak maksimal, tapi 10 tips ini mungkin bisa menolong kita.

1. Faktor Pencahayaan
Ini adalah faktor penting dalam pengambilan gambar. Lensa kamera smartphone kita tidak setajam lensa mata kita, usahakan cahaya untuk pengambilan gambar cukup. Tapi perhatikan juga faktor kondisi cahaya, kondisi cahaya yang bagus akan mendukung hasil jepretan kita, seperti saat matahari terbit dan terbenam. Ini bisa memberikan efek yang luar biasa pada foto kita secara alami.

2. Komposisi
Faktor lainnya selain cahaya adalah komposisi. Pahami betul komposisi objek foto. Komposisi yang bagus akan memberi kesan gambar yang membosankan, artistik atau bahkan dramatis. Penempatan subjek foto yang berbeda juga akan mempengaruhi hasil dan kualitas foto. Jangan selalu meletakkan objek foto di tengah, karena akan memberikan kesan membosankan.

3. Jangan di Zoom
Potretlah objek foto dari jarak dekat. Objek yang di zoom akan memberikan hasil yang buruk. Selain itu akan menurunkan resolusi foto kita.

4. Jangan Gemetar dan Usahakan Tenang
Hal yang kadang terjadi saat kita sedang memotret adalah tangan yang gemetar dan tidak stabil, ini akan memberikan hasil foto yang buruk. Usahakan tenang saat sedang memotret, semakin kita tenang maka hasil foto kita juga akan bagus.

5. Perhatikan Angle of View
Pernah melihat fotografer yang kadang rela muter-muter bahkan jongkok hanya demi menghasilkan sebuah foto? Mungkin itu juga harus kamu coba saat sedang mengambil foto, bukan berarti kamu sok-sok an bergaya ala fotografer tetapi cara itu memang akan memberikan hasil yang berbeda. Karena ketika fotografer sampai rela berjongkok ria demi sebuah foto, dia sedang mencari sudut yang pas dan tidak biasa.

Bandingkan jika kamu memotret dengan sudut yang biasa, pasti juga hasilnya biasa saja. Angle of View atau bisa juga disebut sudut pandang juga menjadi salah satu faktor penentu hasil foto yang bagus. Sudut pandang yang unik akan memberikan kesan berbeda.

6. Gunakan Resolusi Tinggi
Wah, nanti cepet penuh dong memoriku! yah, itu resikonya tapi pasti kita juga punya memori cadangan kan? Resolusi yang tinggi pada sebuah foto akan memberikan hasil foto dengan detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar, selain itu saat dicetak gambar tidak pecah.

7. Pahami Shutter lag, Eksposur dan Fokus
Saat mengambil gambar perhatikan waktu jeda pengambilan gambar atau biasa disebut juga dengan shutter lag. Pada smartphone jeda pengambilan gambar lebih lelet dibandingkan DSLR. Pahami dengan baik shutter lag smartphone kita agar tangan kita tidak gemetar saat menekan shutter dan tekan lebih lama.

8. Jepret, Jepret dan Jepret Lagi!
Berfotolah sesering mungkin. Semakin banyak foto yang kita ambil, kita akan semakin tahu mana kualitas foto yang baik dan biasa-biasa saja. Mungkin bisa dengan cara memotret satu objek sebanyak 30 kali dari sudut berbeda, kita bisa membandingkan 30 foto tersebut.

9. Hindari menggunakan Flash
Selain kualitas flash pada smartphone tidak terlalu bagus, lampu flash akan merusak warna foto.

10. Pilih Aplikasi dan Edit Foto Yang Bagus
Untuk tips yang kesepuluh kita harus memilih salah satu aplikasi atau menggunakan fitur bawaan ponsel dengan efek-efek foto yang bagus. Pilih efek foto yang pas dan edit.

Nah, itu dia 10 Tips Fotografi Keren Dengan Kamera Handphone Kamu yang bisa kita praktekan agar hasil jepretan kita nggak kalah keren dengan jepretan DSLR. Selamat Mencoba ya Gengs !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here