10 Studio Penghasil Anime Terbaik Sepanjang Masa Di Jepang

0
936

Sejak awal tahun 1900-an, kartun telah menghiasi dunia pertelevisian, karya yang terkenal saat itu adalah Walt Disney yang menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia. Sampai hari ini, studio animasi terus berkembang, menggunakan teknologi mutakhir untuk memvisualisasikan cerita menakjubkan dengan efek visual yang superior. Animasi lantas menjadi bisnis yang kompetitif. Selain Amerika Serikat, Jepang juga dikenal sukses memproduksi berbagai film atau serial animasi, yang lebih dikenal dengan sebutan “anime.” Jadi, buat kamu yang hobi nonton anime musti tau juga nih, studio apa aja sih yang selama ini bekerja keras dalam memproduksi anime kesukaan kamu itu. Check this out!

10. Manglobe
Manglobe mungkin merupakan salah satu studio animasi yang kurang dikenal masyarakat. Namun, mereka telah menghasilkan beberapa anime hebat lho pada tahun 2000-an seperti Samurai Champloo, The World Only God Knows, Karneval, dan adaptasi anime terbaru mereka, GANGSTA. Mereka juga terlibat dalam banyak pertunjukan anime seperti Eden of East dan Black Butler: Book of Circus. Manglobe juga merupakan studio yang melakukan adaptasi anime Deadman Wonderland. Sayangnya, pada tanggal 29 September 2015, studio tersebut mengumumkan bahwa mereka telah mengalami kebangkrutan dan menutup situs mereka.

9. P.A. Works

P.A. Works Corporation adalah studio animasi yang berlokasi di Nanto, Toyama, Jepang. P.A. singkatan dari Progressive Animation. Perusahaan ini didirikan oleh Kenji Horikawa pada tahun 2000. Selain film animasi, P.A. Works juga mengembangkan animasi untuk permainan video seperti seri Professor Layton. Dulu, P.A. Works hanya berkolaborasi dengan studio animasi lainnya dan baru pada tahun 2008 mereka mulai memproduksi serial anime sendiri. Mereka dikenal dengan seri True Tears, Hanasaku Iroha, Another, dan Charlotte.

8. Studio Gilbi
Salah satu studio animasi populer di Jepang adalah Studio Ghibli, yang dikenal dunia karena film animasi mereka. Studio Ghibli bertanggung jawab atas enam dari lima belas film anime terlaris di Jepang, dengan Spirited Away sebagai nomor satu tentunya –emang juara banget ya ini film–. Pada tahun 2003, Spirited Away memenangkan Academy Award untuk Best Animated Feature Film. Empat film lainnya telah menerima nominasi dalam kategori yang sama sepanjang tahun. Hayao Miyazaki, salah satu tokoh kunci yang terkenal sebagai perintis anime, berasal dari Ghibli. Selain Spirited Away, Studio Ghibli memproduksi banyak film terkenal lainnya seperti Castle in the Sky, Princess Mononoke, Kiki’s Delivery Service, Howl’s Moving Castle, dan My Neighbor Totoro, yang telah menemukan kesuksesan di dunia internasional maupun di Jepang.

7. Studio produksi I.G
Produksi I.G dikenal dengan berbagai serial anime, OVAs, dan film teatrikal dan juga terlibat dalam desain video game, misalnya game Playstation 2 Ghost in the Shell: Stand Alone Complex and Blood: The Last Vampire. Huruf I.G berasal dari nama pendiri perusahaan, Mitsuhisa Ishikawa dan Takayuki Goto. Produksi I.G menjadi lebih terkenal saat memproduksi Ghost dalam serial anime Shell, Psycho-Pass, Crown Guilty, dan Eden of the East.

6. Bones Animation Studios
Bones Animation Studio didirikan pada tahun 1998 oleh tiga anggota Sunrise Inc. Proyek awal mereka termasuk kolaborasi dengan Sunrise dan sebuah film layar lebar yang berbasiskan serial Cowboy Bebop. Pada tahun 2007, salah satu pendiri, Hiroshi Osaka, meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker. Dia terkenal karena karyanya di serial Gundam. Bones juga menghasilkan seri seperti Wolf’s Rain, dua adaptasi Fullmetal Alchemist, Ouran High School Host Club, Darker dari Black, Soul Eater, dan Noragami.

5. Kyoto Animation
Kyoto Animation adalah salah satu studio animasi yang menjadi terkenal setelah kesuksesan besar mereka dengan serial Free!. Serial dari Kyoto Animation memang mudah dikenali karena memiliki ciri khas tersendiri. Meskipun demikian, Kyoto Animation berhasil meraup nilai produksi yang tinggi. Kyoto Animation bertanggung jawab atas serial seperti The Melancholy of Haruhi Suzumiya, Clannad, K-On, Kyoukai no Kanata dan Free yang sangat terkenal!

4. Sunrise Inc.
Sunrise Inc. dapat dianggap sebagai salah satu studio animasi terbesar di Jepang dan merupakan anak perusahaan dari Bandai Namco Holdings. Sunrise telah berkembang pesat sehingga meliliki berbagai sub-divisi yang disebut studio. Sementara perusahaan lain memproduksi acara anime yang mainstream dan fokus pada genre seperti adaptasi manga, olahraga, dan cerita anak-anak, Sunrise justru fokus pada pembuatan anime robot, yang sebenarnya jauh lebih sulit untuk dijadikan lebih bernyawa. Sunrise dikenal sebagai studio di belakang Cyborg 009, seri Gundam, Inuyasha, Gintama, Cowboy Bebop, dan Code Geass.

3. Madhouse
Madhouse didirikan pada tahun 1972 dan telah menghasilkan banyak pertunjukkan. Studio animasi ini dikenal berkolaborasi dengan artis manga berbakat seperti Naoki Urusawa dan Clamp. Mereka juga berkolaborasi dengan Square Enix untuk Last Order: Final Fantasy VII dan Capcom untuk serial animasi Devil May Cry serta dengan Studio Ghibli. Satoshi Kon, yang merupakan bagian dari Madhouse, memproduksi film-film seperti Perfect Blue dan Paprika yang kemudian mengilhami Hollywood Movies Black Swan and Inception. Madhouse telah menghasilkan anime seperti Kiba, Chobits, Cardcaptor Sakura, Wolf Children, Death Parade, dan One-Punch Man.

2. Toei Company
Dulu dikenal sebagai Nihon Doga Eiga dan Toei Doga, adalah perusahaan animasi dengan Toei Company sebagai pemegang saham terbesarnya. Selama bertahun-tahun, studio ini telah menciptakan banyak seri, film, dan adaptasi yang masih populer di seluruh dunia. Hayao Miyazaki dan Leiji Matsumoto telah bekerja sama dengan Toei di masa lalu. Toei telah menghasilkan beberapa seniman manga paling terkenal di dunia, salah satunya adalah Eiichiro Oda, penulis One Piece, yang merupakan salah satu serial anime paling populer di sana. Toei juga memproduksi seri seperti GeGeGe no Kitaro, Sailor Moon, Slam Dunk, Yu-Gi-Oh, Digimon, dan World Trigger.

1. Studio Pierrot
Studio Pierrot adalah studio animasi yang didirikan pada tahun 1979 dengan kantor pusat yang terletak di Mitaka, Tokyo. Nama studio berasal dari karakter klasik “Pierrot”, yang dalam bahasa Jepang berarti “badut”. Logo perusahaan juga bergambar wajah badut hitam dan putih di atasnya. Studio Pierrot adalah studio animasi yang sukses menghasilkan karya terkenal di seluruh dunia seperti Naruto, Bleach, Tokyo Ghoul, Yu Yu Hakusho, dan Fushigi Yugi. Yu Yu Hakusho dan Saiyuki memenangkan penghargaan Animage Grand Prix.

Well, demikianlah 10 Studio Penghasil Anime Terbaik Sepanjang Masa Di Jepang. So, mana nih yang jadi studio favorit kamu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here