10 Pertandingan Besar yang Ditentukan Messi Seorang

0
118

Tidak pernah ada yang meragukan seorang Lionel Messi. Si Kidal dari Argentina dijuluki messiah, julukan yang pantas disematkan bila kita menelisik pertandingan-pertandingan ini…

Barcelona vs Manchester United 3-1 Final 2010/11

Sebelum laga ini, Lionel Messi belum pernah mencetak gol di tanah Inggris. Menghadapi duet tangguh Rio Ferdinand-Nemanja Vidic, Messi sama sekali tidak kesulitan memporakporandakan pertahanan Manchester United. Ia mencetak satu gold an mendominasi lini serang dalam laga yang diakhiri penyerahan trofi bagi Barcelona tersebut.

Barcelona vs Bayern Munich 3-0 Semifinal 2014/15

Lionel Messi menghadapi mentornya saat pertama kali jadi pemain terbaik dunia: Pep Guardiola. Menghadapi juara Jerman, Messi kembali mampu menjadi bintang. Yang spesial, Messi sempat “menjungkalkan” seorang Jerome Boateng dalam proses gol kedua di laga tersebut. Barcelona mengakhiri perjalanan dengan meraih titel di laga final melawan Juventus.

Barcelona vs Juventus 3-0 Fase Grup 2017/18

Pertahanan Juventus merupakan yang terbaik di Italia. Namun, di tangan Lionel Messi, mereka hanya deretan musuh biasa. Dalam pertandingan fase grup, Messi membuat barisan belakang Juventus tampak terlihat bodoh. Ia mencetak gol pada menit 45 dan 69 guna memastikan kemenangan tiga gol tanpa balas bagi Barcelona.

Barcelona vs Real Madrid 2-0 Semifnal 2010/11

Momen magis oleh kubu lawan hanya terjadi sesekali di Santiago Bernabeu. Lionel Messi tanpa kesulitan menaklukkan Real Madrid tatkala memborong dua gol kemenangan Barcelona. Gol kedua yang diciptakannya bersifat sangat Messi: meliak-liuk menggunakan kaki kiri dengan langkah pendek dan bola melekat, setidaknya melewati lima pemain, lalu seorang iker Casillas pun tak mampu menutup sontekan sederhana sang bintang.

Barcelona vs Real Madrid 3-2 Pala Super Spanyol 2011

Lionel Messi mengkreasi satu gol dan mencetak dua gol. Begitulah yang terjadi dalam pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol tahun 2012 yang mempertemukan Barcelona dengan Real Madrid. Messi pula yang memastikan kemenangan ini diraih dengan tendangan gunting pada menit 87.

Argentina vs Portugal 2-1 Persahabatan 2011

Dua pemain terbaik dunia bertemu dalam sebuah pertandingan persahabatan. Argentina memenangi laga dengan skor 2-1, di mana gol pertama tercipta melalui penyelesaian Angel di Maria setelah menerima umpang yang “sangat Messi”, dan gol kedua merupakan eksekusi penalti dari sang bintang.

Argentina vs Brasil 1-0 Persahabatan 2017

Jika ada pemain yang memiliki dribel khas dan mampu menaklukkan banyak pemain dalam banyak pertandingan, Lionel Messi lah orangnya. Messi mendapatkan umpan backheel dari Ezequiel Lavezzi sebelum menggiring bola melewati kerumunan pemain Brasil, yang ia lakukan dengan finishing berupa sepakan mendatar terarah ke sudut lancip dari arah larinya.

Argentina vs Brasil 4-3 Persahabatan 2012

Lionel Messi kembali membawa Argentna memukul rival kesumatnya di Amerika Selatan. Meski hanya bertajuk pertandingan persahabatan dan dimainkan di tempat netral di Amerika Serikat, Messi tak jua mengendorkan otot. Ia mencetak trigol pada menit 31, 34, dan 85 untuk mengangkangi Brasil dengan skor 4-3.

Barcelona vs Real Madrid 4-3 Liga Spanyol 2013/14

Barcelona membutuhkan poin untuk melanjutkan perburuan gelar Liga Spanyol. Dalam laga yang dihiasi kartu merah Sergio Ramos tersebut, Messi kembali mampu menjadi penyelamat tim. Ia mencetak trigol yang dua di antaranya merupakan eksekusi penalti yang amat menawan. Barca memenangi pertandingan dan sempat memberikan perlawanan hingga detik terakhir ke Atletico Madrid, sang juara liga.

Argentina vs Ekuador 3-1 Kualifikasi Piala Dunia 2018

Argentina di ambang tidak lolos ke Piala Dunia seturut rentetan penampilan buruk bersama pelatih Jorge Sampaoli. Penentu kelolosan Argentina harus ditentukan dalam sebuah pertandingan neraka di Quito, kandang Ekuador. Well, Messi tetaplah Messi. Momen itu ia gunakan untuk membuktikan pada dunia bahwa ia punya patriotisme yang tak perlu diragukan. Seorang diri ia memborong tiga gol yang amat dibutuhkan bagi Argentina.

Semua pencatatan rekor di sepak bola suatu saat akan terekam dengan kalimat “Sebelum Lionel Messi” dan “Setelah Lionel Messi”. Mengingat dia masih berusia 31 tahun, masih akan ada beberapa tahun lagi sebelum kita berpisah dengan alien ini…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here