10 Penemuan Penting Bersejarah yang Mengubah Kehidupan Manusia

0
12

Hidup di era industri empat titik nol, semuanya jadi terasa sangat mudah. Mau makan tapi males gerak, tinggal pakai jasa ojol, pengen baju tapi males ke mall, tinggal buka aplikasi, pencet-pencet, tunggu beberapa hari bajunya datang. Mau transfer duit juga udah nggak usah pergi ke bank, tinggal pakai aplikasi m-banking semua beres. Kangen sama temen, saudara, atau doi tinggal video call. Kuncinya cuma satu internet.

Internet emang udah mengubah kehidupan kita, banget. Nggak terbayangkan kalau nggak ada internet. Tapi, ternyata, internet bukan satu-satunya penemuan hebat yang mengubah kehidupan kita lho. Ada penemuan-penemuan lain yang ternyata nggak kalah menakjubkan dari internet. Penemuan apa aja?

1. Hujan buatan

Penemuan tenik rekayasa hujan buatan, menjadi salah satu penemuan yang luar biasa. Teknik rekayasa hujan buatan ini ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Amerika Serikat (AS) Vincent Joseph Schafer pada tahun 1946.

Penemuannya terus berkembang, bahkan rekayasa hujan buatan juga pernah digalakkan oleh BMKG dan BPPT untuk mengurangi titik panas akibat pembakaran hutan di Indonesia lho. Mereka menyemai awan dengan menaburi garam.

Nggak kebayang deh, kalau nggak ada penemuan ini, kalau ada kebakaran hutan pasti susah banget mengatasinya.

2. Jantung buatan

Inovasi di bidang kesehatan yang fenomenal adalah ditemukannya jantung buatan oleh seorang ilmuwan bernama Robert Koffler Jarvik pada tahun 1982.

Orang yang pertama kali memakai jantung buatan itu bernama Barney Clark. Setelah memakai jantung buatan itu, Clark meninggal 112 hari berikutnya.

Yah, mau gimana lagi, ciptaan Tuhan emang nggak bisa ditiru sih ya, tapi setidaknya temuan Jarvik bisa dibilang sangat bermanfaat untuk manusia. Seenggaknya dia udah usaha kan?

3. Photoshop

Kalian pasti nggak asing lagi sama yang namanya ‘Photoshop’. Salah satu perangkat lunak yang makin berkembang ini cukup berperan penting di era sekarang lho, apalagi yang kerjaannya tiap hari berurusan dengan editing foto.

Tapi, tahu nggak siapa penemu perangkat lunak ini? Perangkat lunak ini dikenalkan oleh seorang bernama Thomas Knoll, seorang pria yang lahir di Amerika Serikat. Photoshop mulai dibuat di tahun 1987.

Wah, seandainya Thomas Knoll ini nggak menemukan photoshop, kira-kira apakah perangkat lunak khusus edit foto ada nggak ya?

4. Komputer

Komputer pertama kali dicetuskan oleh seorang polymath sekaligus insinyur bernama Charles Babbage pada tahun 1822.

Penemuan itu terus berkembang dan terus berkembang hingga sekarang.

Nggak kebayang deh kalau insinyur Charles Babbage nggak pernah mencetuskan komputer, kira-kira hari ini kita kerjanya gimana ya?

5. Ponsel

Ponsel, yang saat ini sudah menjadi teman hidup kita sehari-hari melebihi sahabat dekat adalah temuan dari seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper pada tahun 1973.

Tapi tahu nggak sih, kalau telepon genggam pertama yang berhasil dibuat punya berat dua kilogram?

Untungnya, orang-orang pintar banyak yang lahir, temuan itu terus dikembangkan sampai benar-benar ringan dan bisa dipake buat video call kayak sekarang.

Nggak kebayang kan, kalau sampai sekarang tuh HP beratnya masih 2 kg? Berasa bawa beban hidup kemana-mana kan? 😀

6. Rekayasa Genetika

Stanley Cohen dan Herbert Boyer adalah dua orang jenius yang berhasil mengkombinasikan DNA dari spesies yang berbeda pada tahun 1973.

Tentu aja, banyak banget manfaat yang kita dapatkan dari rekayasa genetika. Seperti memperbaiki kualitas makhluk hidup.

Nggak kebayang kan, kalau nggak ada kayak gini, yang jelek akan terus jelek, dan yang bagus akan terus menerus semakin bagus.

7. Transfer uang

Jaman sekarang, semuanya serba dalam genggaman tangan. Termasuk transfer uang lewat HP atau biasa disebut dengan M-banking.

Tapi, tahu nggak sih kalau transfer uang elektronik udah ada sejak tahun 1973. Digagas oleh Federal Reserve Bank San Fransisco.

Nggak kebayang deh, kalau transfer uang elektronik ini nggak pernah dicetuskan, pasti kita nggak bisa menikmati enaknya belanja online 😀

8. Internet

Internet, adalah salah satu temuan yang menjadi candu bagi sebagian besar umat manusia. Yah, gimana nggak jadi candu, wong sekarang itu semuanya serba internet.

Tapi, ternyata, internet ini udah ada sejak jaman dulu ya. Internet, pertama kali ditemukan pada tahun 1969. Yah, waktu itu belum se-booming sekarang sih. Dan internet adalah salah satu penemuan yang sukses besar mengubah tatanan kehidupan manusia. Setuju nggak?

9. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan sebuah penemuan seorang bernama John McCarty di tahun 1956. Sebuah temuan yang menambahkan kecerdasan pada suatu sistem yang telat diatur dalam konteks ilmiah. Kecerdasan buatan juga disebut dengan intelegensi artifisial.

Temuan yang fenomenal, karena bisa membantu beberapa pekerjaan manusia.

10. Energi Nuklir

Dan terakhir, penemuan yang bermanfaat untuk umat manusia adalah energi nuklir, seperti lingkungan yang bersih karena nggak ada emisi gas rumah kaca CO2. Harganya juga cenderung stabil.

Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata energi nuklir pertama dibuat di Arco, Idaho pada tahun 1951. Dan Enrico Fermi adalah orang pertama yang merancang reaktor nuklir, ia mulai menyempurnakan penelitiannya pada tahun 1930.

10 temuan yang sudah kami rangkum tadi, dipercaya sebagai temuan yang mengubah kehidupan manusia. Temuan yang mana nih yang paling bener-bener berpengaruh di hidupmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here