10 Pembelian Terbaik Sir Alex Ferguson

0
133

Sir Alex Ferguson punya beberapa kejeniusan yang patut dikenang. Selain mengorbitkan pemain-pemain muda, ia juga mendatangkan pemain-pemain yang dirasa cocok dengan kebutuhan Manchester United. Berikut 10 pembelian terbaik Fergie versi Starting Eleven…

# Robin van Persie

Dilabeli sebagai salah satu pembajakan terbaik yang dilakukan Fergie di bursa transfer, Robin van Persie merupakan andalan utama United di musim terakhir Fergie. Ia ditebus dengan mahar 22,5 poin dari rival utama United, Arsenal, pada 2012. Tanpa andilnya mencetak banyak gol di musim 2012/13, Fergie mungkin akan menunda pensiunnya lagi.

# Rio Ferdinand

Jebolan akademi West Ham United tersebut ditebus dengan harga yang memecahkan rekor bek termahal Inggris wakt itu, yakni 18 juta poundsterling. Mempunyai pengalaman menembus semifinal Liga Champions bersama Leeds, Ferdinand pada akhirnya menjadi batu karang di lini pertahanan United selama 12 tahun. Duetnya bersama Nemanja Vidic dikenang sebagai salah satu duet terbaik sepanjang sejarah klub.

# Ole Gunnar Solskjaer

Penyerang berwajah bayi dari Norwegia merupakan pahlawan di final Liga Champions 1999. Selama kariernya di United, ia dikenal sebagai penyerang pengganti yang amat tajam. Saat Fergie merekrutnya dari Molde dengan 1,6 juta poundsterling, ia mungkin tak akan mengira rekrutannya akan mampu memecahkan rekor pencetak empat gol dari bangku cadangan hanya dalam 12 menit.

# Denis Irwin

Salah satu rekrutan terawal Fergie dan masih dianggap sebagai yang terbaik. Bek kiri asal Irlandia merupakan saksi bagaimana United masih kepayahan di bawah Fergie dan berubah menjadi klub terbaik dunia. Dia menghabiskan 12 tahun di Old Trafford, memenangi tujuh trofi Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions. Tak ada bek kiri yang dipercaya lebih baik darinya, bahkan Patrice Evra sekalipun.

# Ruud van Nistelrooy

Striker asal Belanda menghabiskan lima musim di Old Trafford dengan catatan mengesankan berupa 150 gol dalam 219 pertandingan. Ruudtje merupakan poacher sejati di dalam kotak penalti, dan seandainya kariernya di United tidak bersamaan dengan era Invincibles-nya Arsenal dan kedatangan Jose Mourinho, koleksi trofinya mungkin akan lebih banyak.

# Wayne Rooney

Rooney direkrut Fergie saat masih berusia 19 tahun pada 2004. Saat ia akhirnya meninggalkan United pada 2017, ia telah menciptakan sejarah baru sebagai top skorer sepanjang masa Setan Merah dengan 253 gol. Jumlah gol tersebut bisa lebih banyak seandainya ia tak banyak dipasang lebih jauh dari gawang sebagai gelandang.

# Roy Keane

Kapten ikonik yang siap menghajar semua orang di ruang ganti tim. Kontribusi Keane bukan cuma tekel-tekel kerasnya di depan pertahanan, melainkan juga kharisma dan egonya yang membuat rekan setim tetap “berjalan lurus”. Didatangkan dari Nottingham Forest dengan harga 3,75 poundsterling, Keane meninggalkan United pada 2005.

# Cristiano Ronaldo

Fergie mendatangkan bocah ini dari Sporting Lisbon dengan harga 12,25 juta poundsterling, dan berhasil menumbuhkannya menjadi pemain terbaik dunia. Sebagai imbalan, Cristiano Ronaldo mampu mengantar United ke gelar Eropa kedua. Penjualan berstatus rekor dunianya juga memberi keuntungan sebesar 67,75 pounds, yang membuat dia harus masuk dalam daftar ini.

# Peter Schmeichel

Raksasa dari Denmark yang didatangkan dari Brondby dengan mahar cuma 750.000 poundsterling tersebut bisa dibilang merupakan kiper terbaik yang pernah dimiliki Setan Merah. Ia memperkuat United dalam 292 penampilan, termasuk penampilan heroik di musim treble winner 1998/99. Pembelian ini disebut Fergie “pembelian terbaik abad ini”.

# Eric Cantona

Dianggap sebagai pemain terbaik di Inggris kala memperkuat Leeds United, Eric Cantona dicaplok Fergie dengan tebusan 1,2 juta poundsterling begitu Premier League diluncurkan. Dia mencetak 82 gol dalam lima tahun karier di Old Trafford, tapi kontribusinya lebih dari itu: dia membawa tim juara di musim pertama Premier League, serta menjaga nilai magis nomor punggung tujuh.

Pemain-pemain di atas mampu menjadi tulang punggung dari sebuah dinasti yang dibangun Fergie selama 27 tahun. Mata elang Fergie terbukti mampu memadukan mereka dengan jebolan akademi, yang mampu disulap jadi tim terbaik Inggris dan dunia…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here