10 Momen yang Membuktikan Peran Messi dan Ronaldo tak Ternilai

0
108

Dua pemain ini telah mengubah sejarah sepak bola dunia. Saking berpengaruhnya, di masa depan, pelajaran sejarah akan mengenal masa pra-ronaldo-messi, masa ronaldo-messi, dan masa pasca-ronaldo-messi. Berikut 10 bukti pengaruh dua pemain besar tersebut…

Messi sebelumnya tak pernah sanggup menjebol Chelsea atau Gianluigi Buffon, sampai musim lalu.

Ada sedikit hal yang belum pernah Lionel Messi lakukan di sepak bola, salah dua di antaranya ialah mencetak gol ke gawang kiper legendaris Juventus Gianluigi Buffon, juga klub besar Inggris Chelsea. Per musim lalu, ia akhirnya memecahkan kutukan itu. Megabintang Barcelona membobol gawang Buffon pada laga grup D Liga Champions musim 2016/17. Pada fase berikutnya, 16 besar, Messi juga mampu membuka rekeningnya di gawang Chelsea, yang dijaga Thibaut Courtois.

Ronaldo mencetak gol di semua laga fase grup Liga Champions

Cristiano Ronaldo menjadi orang pertama yang mampu mencetak gol di semua laga fase grup Liga Champions pada musim 2016/17. Secara total, Ronaldo membobol gawang Borussia Dortmund, Tottenham Hotspur, dan APOEL Nicosia baik di kandang maupun tandang. Ia telah mencetak gol hanya dalam enam laga tersebut.

Ronaldo Mencetak Poker Melawan Girona

Banyak statistik mengagumkan yang sudah dicatat Ronaldo, termasuk empat poker yang ia ciptakan sepanjang berkostum Real Madrid. Yang terbaru, empat gol ia jaringkan ke gawang Girona, musuh dari Katalonia. Ia membantu memberikan kemenangan dengan 6-3, yang juga memperpanjang streak mengagumkan Ronaldo saat itu, yakni mencetak 17 gol dari 8 pertandingan.

Messi Mencetak Poker Melawan Eibar

Messi pun sempat mencetak poker di musim lalu. Pada 19 September 2017, Messi mencetak empat gol dalam kemenangan 6-1 Barcelona atas Eibar di Camp Nou. Poker tersebut tercatat sebagai kali kelima Messi mencetak empat gol dalam satu pertandingan bersama Barcelona.

Messi meloloskan Argentina ke Piala Dunia 2018

Argentina harus memenangkan pertandingan penentuan melawan Ekuador bila ingin berlaga di Piala Dunia 2018. Bila kalah atau seri, mereka terancam turun tangga ke babak play-off, atau bahkan tak lolos sama sekali. Nyatanya, laga tersebut malah jadi ajang pembuktian Messi sebagai pemain terabik Argentina dan dunia, dengan memborong tiga gol kemenangan Albiceleste.

Ronaldo mengantarkan Portugal ke tangga juara Euro 2016

Ronaldo dan Messi sering dikritik karena tak pernah benar-benar berjaya untuk tim nasionalnya. Pada akhirnya, Ronaldo mampu memutarbalikkan anggapan itu melalui performa mengejutkan Portugal di Euro 2016. Portugal tak diunggulkan sama sekali dalam turnamen itu, tetapi terbukti cukup solid untuk meredam gempuran Perancis di laga final.

Rekor tendangan bebas Lionel Messi dalam semusim Liga Spanyol

Messi menyamai rekor tendangan bebas dalam semusim yang sebelumnya dicatat atas nama Ronaldinho pada musim 2006/07. Senior Messi di Barcelona tersebut mencetak gol dari tendangan bebas pada musim itu. Gol melawan Leganes pada Maret 2018 membuat Messi mencetak gol keenamnya dari tendangan bebas pada musim lalu.

Big Match Player: Messi di Final Copa del Rey

Messi mematri namanya dalam buku sejarah lagi setelah mencetak gol pada final Copa del Rey 2017/18 melawan Athletic Bilbao. Gol tersebut merupakan gol kelimanya di laga final Piala Spanyol tersebut. Assistnya kepada Andres Iniesta pun menjadikannya sebagai orang pertama yang mecetak assist di tiga final beruntun.

Big Match Player: Ronaldo di kandang Juventus

Bila seorang pemain telah mendapatkan standing ovation dalam sebuah pertandingan di kandang lawan, pastilah ia telah melakukan sesuatu yang luar biasa. Dalam sebuah pertandingan perempat final di kandang Juventus, Ronaldo mencetak gol saltu yang membuat seisi stadion bertepuk tangan padanya. Gol tersebut krusial dalam mengamankan perjalanan Real Madrid menjuarai Liga champions tiga musim beruntun.

Hattrick Sempurna Cristiano Ronaldo

Mencetak trigol sudah tentu sulit, apa lagi melakukannya dengan sempurna: kaki kanan, kaki kiri, dan kepala. Nyatanya, bagi Ronaldo, hal tesebut mudah saja. Ia mencetak trigol sempurna dalam laga Liga Spanyol melawan Real Sociedad yang berakhir 5-2 bagi Real Madrid. Sebelumnya, ia sudah mengantarkan assist ke Lucas Vazquez di gol pertama pertandingan tersebut.

Meski sudah berusia kepala tiga, keduanya masih belum terlihat kehabisan daya juang. Masih ada 3-4 tahun lagi untuk menyaksikan mereka. Saat mereka akhirnya pensiun, akan ada ceruk kosong di sanubari penggemar sepak bola…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here