10 Hal Ngeselin yang Selalu Terjadi Saat Tugas Kelompok

0
23

Waktu kita masih sekolah, kita pasti pernah dapet tugas dari guru. Baik secara individu atau secara berkelompok.

Nah, waktu ngerjain tugas kelompok, kamu pasti, pernah mengalami beberapa hal ngeselin.

Hal-hal apa aja sih yang sering banget terjadi waktu kita ngerjain tugas kelompok?

Yuk simak yuk!

1. Satu kelompok sama orang malas belajar

Kamu pasti pernah waktu ngerjain tugas kelompok, satu kelompok sama orang yang malas belajar. Biasanya orang kayak gini, waktu diajak diskusi tugas, banyak nggak tahunya. Ujung-ujungnya kaum malas belajar nebeng nama, dan kamu mikir sendiri karena udah capek dan keburu deadline.

Yah, walaupun ngeselin, biasanya orang-orang kayak gini itu bisa kita suruh-suruh, entah buat foto copy atau sekedar beli perlengkapan tugas 😀

2. Udah punya peran masing-masing

Dalam satu kelompok kamu pasti sering banget ketemu sama orang yang bener-bener serius ngerjain tugas, ada yang cuma kerjaannya cuma ngelawak, terus ada juga yang sukanya diem aja karena nggak tahu atau takut, tukang makan, tukang numpang nama, tukang bayarin jajan, dan parahnya ada juga yang nggak tahu kalau kalian kelompokan

Kalau kamu kebagian peran yang mana nih? 😀

3. Selalu ada orang yang sukanya cuma iuran nama

Ngerjain tugas kelompok itu sebenernya bertujuan supaya tugas yang dikerjain jadi lebih mudah dan cepet selesai. Tapi, sayangnya, nggak semua orang bisa kita ajak kerja sama.

Pasti selalu ada orang yang kalau kelompokan cuma ikut iuran nama, padahal dia nggak ngerjain apa-apa.

Ngeselin banget ya? Kamu orang yang kayak gini atau jadi yang kebagian ngerjain tugas?

4. Tugas kelompok yang dikerjain sendiri

Hal ngeselin lainnya yang sering banget terjadi waktu ngerjain tugas kelompok adalah waktu kamu udah kumpul bareng temen-temen kelompokmu, tapi cuma kamu yang fokus depan laptop dan nyiapin bahan-bahan buat tugas, sedangkan yang lain asyik rebahan sambil ngobrol.

Buat orang yang bodo amat, hal kayak gini mungkin nggak penting, tapi buat orang yang sensitif, hal kayak gini bisa jadi bom waktu. Dalam hatinya bergejolak, antara pengen marah sama temen-temennya sama tetep diem aja. Mau marah, nanti dikira sok tersu dijauhin, mau diem ngerasa tertindas.

5. Kerja kelompok vs game kelompok

Waktu ada tugas kelompok dari guru atau dosen, buat anak-anak yang rajin pasti was-was banget. Apalagi kalau dapet satu kelompok yang nggak ngenakin.

Udah tentuin jadwal buat ngerjain, udah disuruh bawa laptop dan macem-macem, eh pas kumpul ujung-ujungnya yang ngerjain 1 anak. Yang lain, sibuk main game.

Kalau temen-temenmu kayak gini, kamu baka ngapain?

6. Saat satu kelompok bareng doi

Hal ngeselin berikutnya yang juga sering terjadi waktu ngerjain tugas kelompok, ya waktu kamu sekelompok sama gebetan.

Sebenernya seneng banget, tapi, karena malah jadi bahan ledekan temen-temen, ngerjain tugas kelompok jadi canggung.

Jadi ngeselin tapi seneng, seneng tapi ngeselin. 😀

7. Nama di cover banyak

Kamu pasti pernah deh ketemu sama yang beginian. Pas ngerjain tugas, cuma 1 orang. Tapi, waktu mau dikumpulin tiba-tiba ada banyak nama di cover. Tentu aja, kamu sebagai yang ngerjain nggak boleh marah karena kalau berani marah, kamu bakal dimusuhi temen-temenmu dan dikira manusia ambisius, padahal kamu cuma ngerasa nggak adil. Kamu yang capek, eh yang lain tinggal dapet enaknya. :v

Hmmm, mungkin emang harus rajin belajar ikhlas ya 😀

8. Tugas kelompok rasa individu

Hal ngeselin, yang sering banget kita jumpai waktu kelompokan adalah saat semuanya tahu itu adalah tugas kelompok, tapi malah kamu seorang yang ngerjain.

Dan yang ngeselin, udah kamu yang sendirian ngerjain, eh nilainya sama-rata. Duh, duh, pasti nggak enak banget.

9. Ga dianggep waktu ngerjain tugas kelompok

Nah, nah, ini buat kaum yang biasanya nggak pinter-pinter banget. Biasanya yang kayak gini, susah banget dapet kelompok karena temen sekelas nggak ada yang mau kelompokan sama dia. Tapi, pas dia udah dapet kelompok, eh, temen sekelompoknya asyik sendiri. Orang tipe ini juga sering dikacangin, lebih tepatnya sih nggak dianggap dan jarang ditanyain pendapat. Meskipun udah inisiatif juga sering diabaikan. Ujung-ujungnya, kaum ini nggak ngerjain apa-apa.

Mungkin karena temen sekelompoknya terlalu meremehkan kali ya. Duh, duh, sabar ya?

10. Di-prank sama guru

Kamu pasti pernah ngerasa kayak di-prank sama gurumu.

Pas udah dapet temen kelompok yang enak, terus waktu ngerjain tugasnya juga uah ngebut banget, tapi pas di ujung jam pelajaran, sang guru maah bilang, tugasnya bisa dilanjut di rumah.

Duh, duh, pasti kamu kesel banget. Tapi, ada sisi positifnya sih, tugas keompokmu jadi udah beres, dan semua temen kelompokmu biasanya ikut kerja semua. Sampai rumah ayem deh.

Nah, gaes itu tadi adalah hal-hal ngeselin yang sering terjadi waktu kita ngerjain tugas kelompok. Semoga di masa depan generasi selanjutnya nggak kayak gitu ya 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here