10 Gol yang Tidak Akan Dilupakan Dunia

0
30

Sepak bola selalu dimainkan untuk mengalahkan lawan, dan demi cita-cita itu, sebuah gol harus dilesakkan. Beberapa gol berikut ini bukan golongan lesakan biasa saja, melainkan produk super yang akan diingat selamanya…

Robin van Persie – Belanda vs Spanyol
Dalam keadaan tertinggal 1-0, Belanda membutuhkan momentum untuk memulai gelaran Piala Dunia. Babak pertama hampir usai kala Spanyol masih unggul melalui gol penalti Xabi Alonso. Daley Blind menyediakan umpan silang yang terlihat terlalu deras. Akan tetapi Robin van Persie melakukan sundulan sambil terbang yang membuat Iker Casillas terdiam. Gol ini menjadi nominasi Puskas Award 2014.

Zlatan Ibrahimovic – Swedia vs Inggris
Nama Zlatan Ibrahimovic memang identik dengan gol spektakuler. Penyerang jangkung asal Swedia tersebut membuat berbagai momen ajaib dalam laga persahabatan melawan Inggris pada tahun 2012. Gol keempatnya akan diingat dunia selamanya: ia berada di luar kotak penalti, mengendus sapuan buruk Joe Hart. Sang kiper ke luar dari sarang, tapi posisi Ibra tak memungkinkan untuk menembak. Menggunakan teknik, imajnasi, dan visi yang luar biasa, Ibra menghajar bola itu dengan tendangan salto…

Dennis Bergkamp – Arsenal vs Newcastle
Legenda yang takut pesawat itu berulang kali menciptakan momen magis seperti saat melawan Newcastle United. Patrick Vieira memenangi bola di wilayah sendiri, untuk kemudian mengumpannya ke Bergkamp. Ia kemudian memberikan bola itu ke Robert Pires lalu berlari ke kotak penalti The Magpies. Pires yang melihat rekannya menusuk pertahanan lawan segera memberinya umpan. Posisi tubuh Bergkamp menyulitkan: ia membelakangi gawang dan terhadang satu bek. Namun, layaknya film animasi, ia menyentuh lembut bola itu dengan melewatkannya ke kepala sang bek, lalu menggoceknya sedikit, dan gol…

James Rodriguez – Kolombia vs Uruguay
Gelandang serang Kolombia mulai menarik atensi dunia semenjak Piala Dunia 2014. Pada babak 16 besar melawan Uruguay, ia mencetak gol yang kemudian dianugerahi Puskas Award. Ia mengontrol bola dengan dada, memutar badan, dan menghajar bola dengan presisi yang mematikan. Kolombia melaju hingga perempat final pada gelaran Piala Dunia waktu itu.

Zinedine Zidane – Real Madrid vs Bayer Leverkusen

Zinedine Zidane memproduksi banyak hal indah dalam kariernya. Tendangan volinya saat melawan Bayer Leverkusen pada final Liga Champions 2002 barangkali merupakan yang terindah. Menerima umpan dari ssisi kiri , bola sedikit melayang di udara ke arah kaki lemah Zidane. Tak pernah mencoba sebelumnya, insting Zidane mengatakan ia harus menghajarnya di udara. Tak pernah berhasil mengulanginya, gol itu memang tercetak di momen yang sempurna.

Lionel Messi – Barcelona vs Bayern Munich
Lionel Messi terbiasa mempermalukan lawan, tapi selebrasinya saat membobol Manuel Neuer membuktikan betapa pentingya gol itu baginya. Dalam proses menaklukkan klub asal Jerman itu, Messi menggocek bola dengan melewati Jerome Boateng. Terpedaya oleh Messi merupakan hal yang biasa bagi para bek, tapi bagi Boateng, momen itu terasa lebih memalukan. Liukan sederhana Messi berhasil membuatnya oleng dan jatuh kehilangan keseimbangan. Barca pada akhirnya mampu menjuarai Liga Champions musim itu.

Ronaldinho – Brasil vs Inggris
David Seaman sering dianggap sebagai kiper sempurna yang tak mungkin melakukan blunder. Anggapan ini ternyata runtuh begitu ia dipecundangi Ronaldinho di perempat final Piala Dunia 2002. Ditunjuk mengambil tendangan bebas yang jaraknya cukup mustahil untuk mencetak gol, Ronaldinho melihat Seaman berdiri agak jauh dari garis gawang, jadi jika ia mengincar sisi atas Seaman, sesuatu bisa terjadi. Dieksekusilah bola itu ke tiang jauh, bola melintir, melewati kepala Seaman dan masuk ke gawang Inggris.

Cristiano Ronaldo – Manchester United vs Porto
Cristiano Ronaldo selalu punya senjata untuk melukai lawan. Meski berlaga di kandang lawan, Ronaldo mampu mencetak gol spektakuler dari jarak 40 yard saat Manchester United menyingkirkan Porto di perempat final Liga Champions 2008/09. Hantaman Ronaldo membuat MU unngul 1-0 dan berhak melangkah ke babak berikutnya. Petualangan MU berakhir di babak final saat mereka dikalahkan Barcelona dengan skor 0-2 di Olimpico Rome.

Diego Maradona – Argentina vs Inggris
Diego Maradona mengkreasi sesuatu yang barangkali akan diingat sebagai gol paling populer di Piala Dunia. Melawan Inggris di babak 8 besar Piala Dunia 1986, ia melakukan aksi ajaib butuh lebih dari keberuntungan untuk mencapainya. Maradona melewati gelandang Inggris dan melewati dua pemain lagi sebelum mengumpan ke Jorge Valdano. Di momen ini bola bergerak liar mengarah ke kiper Peter Shilton. Menyadari ia tidak akan mengalahkan rentangan tangan Shilton, Maradona tidak kekurangan akal: ia memukul bola dengan tangannya. Hanya Tuhan yang mengizinkan aksi itu dihitung gol.

Roberto Carlos – Brasil vs Perancis
Roberto Carlos mencetak gol spektakuler yang bahkan mengacaukan hukum fisika. Dalam sebuah turnamen persahabatan, Brasil melawan Perancis, bek kiri Real Madrid mencoba mengeksekusi bola mati dengan gaya khasnya. Dari jarak 35 meter, jarak yang cukup jauh, bola tendangannya tampak lebih mengarah ke bendera pojok dibanding tiang gawang. Entah bagaimana, bola itu kembali mengarah gawang, membentuk kurva yang kemudian diteliti banyak ahli fisika. Gol itu masih jadi perbincangan hingga kini.

David Beckham – Inggris vs Yunani
Inggris diambang tidak lolos ke Piala Dunia 2002. Membutuhkan hasil imbang, tim Tiga Singa malah tertinggal 1-2 dari Yunani hingga waktu tambahan meski berlaga di Old Trafford. Teddy Sheringham dijatuhkan, menghasilkan tendangan bebas dari jarak 30 yard. Kapten Beckham menaruh bola, berniat menghajarnya. Tembakan ini satu-satunya cara untuk meloloskan Inggris. Dieksekusi dari sisi kiri kotak penalti Yunani, bola melayang melewati pagar betis dan mengarah ke tiang jauh. Old Trafford meledak menyusul kepastian Inggris lolos ke PD 2002.

Baiklah, simpan memori Anda baik-baik karena gol-gol di atas mungkin tidak akan terjadi lagi di masa mendatang. Gol indah seperti di atas bisa jadi merupakan apa yang selama ini kita nikmati dari sepak bola: keindahan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here