10 Gempa Bumi Terburuk Sepanjang Sejarah

0
152
Source : http://www.japansociety.org.uk

Dari zaman ke zaman, manusia selalu memiliki kemungkinan untuk merasakan sebuah kejadian bernama gempa bumi. Tidak sedikit jumlah orang yang pernah mengalaminya dan tidak sedikit pula jumlah pihak tertentu yang ingin ikut serta dalam menyelidiki penyebabnya. Seiring berjalannya waktu, pernyataan berupa penyebab dari gempa bumi pun berkembang menjadi 2 faktor yaitu reaksi alam dan aktivitas manusia.

Sebutlah kita menganggap gempa bumi sebagai salah satu bentuk dari bencana alam. Di samping berbagai guncangan yang sudah ada, artikel kali ini akan segera mengupas penjelasan mengenai daftar dari 10 gempa bumi terburuk sepanjang sejarah yang terjadi di berbagai negara. Nah, penasaran kejadiannya terjadi di mana saja? Yuk, langsung simak perkataan di bawah dengan teliti ya!

1. Valdivia, Chile

Source : https://wfdd-live.s3.amazonaws.com

Gempa bumi yang tercatat memiliki kekuatan sebesar 9.5 magnitudo ini terjadi pada tanggal 22 Mei tahun 1960 di sebuah kota bernama Valdivia. Kekuatan gempa tersebut sudah setara dengan kekuatan dari 1.000 bom atom yang di ledakkan secara bersamaan sehingga mengakibatkan guncangan yang terasa sampai ke Hawaii.

Bukan hanya itu saja. Gempa Valdivia pun memakan korban sekitar 6.000 jiwa dan membuat kerugian sebanyak lebih dari $1.000.000.000.

2. Banda Aceh, Indonesia

Source : http://www.jocabo.net

Masih ingatkah kalian dengan peristiwa tanggal 26 Desember tahun 2004 yang terjadi di negara kita yaitu Banda Aceh? Ya, guncangan sebesar kurang lebih 9.3 magnitudo tersebut mengakibatkan gelombang Tsunami yang sukses menyapu bersih fasilitas masyarakat serta mampir ke pantai negara tetangga lainnya seperti Thailand.

Sejauh ini, korban jiwa yang terhitung berada dalam kisaran 100.000 hingga 225.000 orang. Terkait dengan kerugian dan biaya penyelamatan, $7.000.000.000 menjadi angka fantastis yang harus di relakan oleh semua pihak berwenang. Baik Indonesia maupun mancanegara.

3. Shaanxi, Tiongkok

Source : www.weareresonate.com

Meskipun gempa yang terjadi di wilayah Shaanxi, Tiongkok pada tanggal 23 Januari tahun 1556 ini di nyatakan memiliki kekuatan sekitar 8 skala Richter oleh peneliti modern, jumlah korban jiwanya mencapai 830.000 orang. Selain itu, terdapat kerusakan parah pada bangunan sehingga menimbulkan kerugian yang tak terhitung.

4. Aleppo, Suriah

Source : http://i.imgur.com

Tidak tanggung-tanggung, negeri Suriah pun pernah di guncang oleh gempa bumi. Lebih tepatnya, gempa itu terjadi di dekat sebuah kota yang bernama Aleppo pada tanggal 11 Oktober tahun 1138. Karena kekuatannya ada di kisaran 8.5 magnitudo, tercatatlah jumlah korban jiwa sebanyak 230.000 orang.

Tepat sesudah kejadian tersebut, ada sejumlah kota yang hancur sehingga harus mendapatkan bantuan berupa perbaikan agar bisa di huni kembali oleh penduduk.

5. Port-au-Prince, Haiti

Source : https://www.worldatlas.com

Pada tahun 2010, ibukota negara Haiti yang bernama Port-au-Prince mengalami guncangan gempa bumi sebesar 7 skala Richter. Gempa tersebut sebenarnya bersumber dari sebuah titik yang berada sejauh 25 km. Akan tetapi, nasi sudah menjadi bubur. Gempa Haiti terlanjur menyisakan trauma mendalam dengan mencatatkan 316.000 korban jiwa dan 300.000 korban luka-luka.

6. Damghan, Iran

Source : https://upload.wikimedia.org

Tanggal 22 Desember tahun 856, ibukota Iran yang waktu itu bernama Damghan sempat di guncang gempa berkekuatan 8 magnitudo sehingga memunculkan korban jiwa sebanyak 200.000 orang dan kerusakan pada daerah di sekitarnya.

7. Tohoku, Jepang

Source : http://www.japansociety.org.uk

Sepanjang sejarah Jepang, gempa Tohoku telah menjadi gempa terbesar, terkuat dan terburuk yang pernah di rasakan. Bagaimana tidak? Gempa yang berkekuatan lebih dari 9 magnitudo tersebut segera mengakibatkan Tsunami sekaligus kehancuran pada ratusan ribu bangunan. Di tambah lagi dengan kemunculan dari puluhan ribu korban jiwa serta ribuan korban luka-luka dan hilang.

8. Kanto, Jepang

Source : https://cdn.theatlantic.com

Gempa berkekuatan 7.9 magnitudo yang terjadi di Kanto, Jepang pada tanggal 1 September tahun 1923 ini berlangsung selama kurang lebih 10 menit. Akibatnya, kebakaran hebat muncul dan menyebabkan 140.000 korban jiwa. Di samping semua korban, 447.000 rumah juga ikut hancur dalam peristiwa tersebut.

9. Ashgabat, Uni Soviet

Source : http://acelebrationofwomen.org

Tidak banyak yang mengetahui waktu itu bahwa sebuah gempa berkekuatan 7.3 magnitudo pernah terjadi di Ashgabat, Uni Soviet pada tanggal 6 Oktober tahun 1948. Ada kabar bahwa hal ini sebabkan oleh karena adanya kerahasiaan dari pihak pemerintah kala itu sehingga media massa tidak mengabarkannya. Kini, setelah terlepas dari kekuasaan Uni Soviet, Ashgabat telah resmi menjadi ibukota dari negara Turkmenistan.

10. Sichuan, Tiongkok

Source : http://www.asianews.it

Provinsi Sichuan mengalami bencana gempa bumi besar pada tanggal 8 Mei tahun 2008. Dengan kekuatan sebesar 8 magnitudo, guncangannya begitu terasa sampai ke kota-kota lain seperti Shanghai dan Beijing.

Pihak yang berwenang mengungkapkan data berupa jumlah korban jiwa sebanyak 69.197 orang, 374.176 korban luka-luka serta 18.222 korban yang hilang. Karena kejadian ini, pemerintah harus rela mengeluarkan dana sebanyak $146.500.000.000 supaya dapat memperbaiki fasilitas-fasilitas umum.

 

Itulah daftar dari 10 gempa bumi terburuk sepanjang sejarah. Semoga bermanfaat bagi kalian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here