10 Gambar Iklan Lawas dari Indonesia yang Membuat Masa Lalu Kembali Terulang

0
200
Source : imgur.com

Iklan adalah sebuah strategi yang di gunakan oleh berbagai perusahaan dengan tujuan tertentu berupa pemasaran barang atau jasa demi mendapatkan keuntungan. Sejak puluhan dan bahkan ratusan tahun yang lalu, banyak negara termasuk Indonesia sudah menganggap iklan sebagai kegiatan yang wajar. Oleh sebab itu, kali ini kita akan bernostalgia sejenak dengan cara melihat tampilan dari 10 iklan lawas berikut.

1. Anggur Darah

Source : imgur.com

Tidak terlalu banyak generasi millenial Indonesia yang menyadari bahwa di masa lalu, Indonesia pernah mengizinkan penjualan sebuah minuman berbahan dasar anggur bernama Bloedwijn atau Anggur Darah. Sesuai dengan iklan yang tertera di atas, pembuatnya mengklaim bahwa minuman tersebut dapat membuat badan menjadi kuat.

2. Bir Bintang

Source : imgur.com

Wah! Kalau minuman cap bintang sih pasti sudah cukup banyak yang tahu. Ya, di atas adalah iklan dari bir Heineken puluhan tahun yang lalu. Tidak terlampau jauh lah perbedaannya kalau berbicara soal kemasan.

3. Pasta Gigi Pepsodent

Source : imgur.com

Salah satu merek pasta gigi di Indonesia yang eksis sampai sekarang ialah Pepsodent. Duh, jadi ingat iklan Pepsodent terkini deh! Masih saja mengutamakan inti pemasaran yaitu gigi menjadi putih dan bebas kotoran!

4. Sabun Lux

Source : imgur.com

Paras yang elok berharga sekali. Sabun wangi Lux membikin kulit halus seperti beludru. Maka itu ini sabun di pakai oleh 9 dari 10 bintang film. Demikianlah pernyataan dari iklan di atas. Omong-omong, kalian sempat salah fokus tidak dengan gambar sabun yang berisikan kata toilet? Kalau iya berarti kita sama!

5. Kacang Garing Tarzan

Source : imgur.com

Nah! Iklan kacang garing cap Tarzan adalah iklan dari sebuah merek kacang yang gencar di muat dalam beragam media pada tahun 1900-an. Di iklan tersebut, terdapat gambar 2 jempol dan orang yang memiliki postur badan kekar. Miriplah seperti Tarzan yang sudah kita lihat di film puluhan tahun selanjutnya.

Sayang sekali kita tidak bisa melihat kacang dengan merek cap Tarzan pada masa kini karena peredaran yang terhenti sejak lama.

6. Lampu Osram

Source : imgur.com

Di samping merek lampu seperti Philips dan kawan-kawan, sebuah lampu bernama Osram pernah mengeluarkan sebuah iklan yang menarik dengan balutan kata-kata dari bahasa Sanskerta. Wow! Bagus sih agar orang-orang yang melihatnya tertarik. Coba kalau iklan seperti ini di terapkan di Indonesia tahun 2018, pasti ada banyak orang yang tidak mengerti sehingga harus belajar kembali.

7. Sabun Lifebuoy

Source : imgur.com

Kalau misalnya iklan sabun Lux lebih mementingkan aspek estetika tubuh, lain halnya dengan sebuah sabun bernama Lifebuoy. Dengan senyum dari seorang pria sesudah mandi, Lifebuoy mengutamakan aspek kesegaran tubuh yang terasa lebih merakyat dan bermanfaat di bandingkan dengan sekedar kata cantik atau tampan.

8. Shampoo Sunsilk

Source : imgur.com

Seorang penyanyi bernama Fatin kini menjadi bintang iklan dari merek pembersih rambut ternama Sunsilk. Tujuan Sunsilk masih sama kok seperti dulu yaitu untuk membuat para wanita keramas dengan merek tersebut sehingga rambut mereka menjadi hitam dan berkilau. Hanya saja, di masa lalu mereka turut menambahkan kata sehalus sutera. Puitis sekali!

9. Margarin Blue Band

Source : imgur.com

Margarin lebih dari sejuta umat ya Blue Band namanya. Ya, merek yang awalnya berada dalam naungan perusahaan Unilever tersebut pernah menyebarkan iklan yang menggambarkan anak-anak sebagai tokohnya supaya menarik perhatian. Habis, tahu sendiri dong kalau banyak kecil yang suka memakan roti dan cokelat dengan memakai Blue Band.

10. Susu Ovaltine

Source : https://i.pinimg.com

Dalam iklan berikut, seorang ibu membawa susu Ovaltine untuk anaknya supaya di minum. Dengan jelas, merek susu ini menegaskan bahwa ia dapat membuat anak-anak menjadi sehat dan kuat.

 

Demikianlah 10 gambar iklan lawas Indonesia yang dapat membuat kita dan bahkan papa mama kita tidak segan-segan untuk bernostalgia. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here