10 Film Sepakbola Terbaik Sepanjang Masa

0
167

Sepakbola berhasil menjadi inspirasi bagi setiap penggemarnya. Mulai dari pemain, gaya hidup para aktor lapangan hijau, hingga inspirasi dalam pembuatan film. Bicara soal film, berikut adalah 10 film terbaik yang bertemakan sepakbola.

10. The Damned United

Film drama olahraga Britania Raya tahun 2005 yang disutradarai oleh Tom Hooper ini diadaptasi dari dari novel laris David Peace, The Damned Utd. Film ini bercerita tentang Brian Clough, kariernya selama 44 hari di Leeds adalah ‘tragedi’ sepakbola yang tidak bisa ditolak oleh siapapun.

Clough yang penuh ego ditampilkan sebagai sebuah teka-teki dan sosok yang menyenangkan. Walaupun cukup disederhanakan, film ini mampu menampilkan sosok tersebut dengan baik dan menjadikannya wajib ditonton oleh semua fans sepakbola yang tertarik dengan ‘the special one’ original.

 

9. Shaolin Soccer

Film yang menggunakan Stephen Chow sebagai lakon utamanya ini, merupakan film sepakbola paling jenius dan mengibur sepanjang masa. Aksi konyol dan seni bela diri pada cerita itu menambah nilai hiburan tersendiri pada film yang rilis tahun 2001 tersebut.

Dengan kekuatan yang istimewa dan akrobat yang memposona, membuat film ini semakin menarik dan tak jarang membuat kita menahan napas saat sedang menonton aksi-aksi ‘spektakuler’ dari tiap pemainnya.

 

8. Bend It Like Bechkam

Jasminder Bhamra (Jess) adalah seorang gadis remaja yang tinggal di bagian barat London, Inggris. Ia penggemar berat sepakbola dan ia sangat mengidolakan David Beckham, yang foto-fotonya memenuhi dinding kamarnya. Jess Bhamra mengabaikan tekanan dari orang tuanya yang kemudian bermain sepakbola untuk tim wanita lokal.

Film Bend It Like Beckham adalah salah satu film yang sangat menarik, karena mengangkat kehidupan dan tradisi masyarakat India di Inggris, khususnya di London. Film ini rilis pada tahun 2002.

 

7. There’s Only One Jimmy Grimble 

Jimmy Grimble adalah bocah berusia 15 tahun asal kota Manchester, ia sangat menyukai sepakbola dan bercita-cita menjadi pemain professional di tim kesayangannya yaitu Manchester City. Bahkan, ia diberi sepatu ajaib oleh legenda Manchester City.

film tahun 2000 dari John Hay ini berani menggoyang klise dengan menampilkan Robert Carlyle sebagai mentor sang tokoh utama. Di luar berbagai stereotipe yang ada, film ini amat sangat bagus dalam kemampuannya menyentuh para penonton.

 

6. Fever Pitch

Fever Pitch’ diangkat dari cerita novel karya Nick Hornby yang menceritakan kisah Paul Ashworth yang diperani Colin Firth, seorang guru di London, yang menjalin hubungan asmara dengan Sarah Hughes. Jalinan cinta mereka tersangkut dalam konflik ketika Paul harus memilih dua hal yang paling dicintainya: kekasihnya, atau sepakbola.

Berlatar musim juara dramatis Arsenal pada tahun 1989, Firth berperan sebagai fans berat The Gunners yang hidupnya hanya berputar di sekitar klub ini saja. Jika pasangan Anda bukanlah seorang fans sepakbola, film ini bisa membantu mereka mengerti apa yang Anda harus jalani setiap pekannya

5. Mike Bassett: England Manager

Film ini adalah film komedi tahun 2001 yang disutradarai oleh Steve Barron. Film ini mengisahkan tentang Mike Bassett, yang ditunjuk sebagai manajer Inggris.

Setelah lolos dengan susah payah ke putaran final Piala Dunia karena Luxembourg secara mengejutkan berhasil mengalahkan Turki, tampaknya tidak ada harapan tersisa untuk Mike Bassett. Namun dengan determinasi luar biasa untuk memainkan “four-four-two” dengan Rudyard Kipling sebagai inspirasinya, ia berhasil membawa kelompok penyakitan miliknya itu menjadi juara.

4. Ronaldo

Ronaldo adalah film dokumenter Inggris 2015 yang disutradarai oleh Anthony Wonke. Film ini dirilis di seluruh dunia pada 9 November 2015.

Sebuah kisah inspiratif dari seorang pemenang ini sukses mengisahkan perjalanan luar biasa yang ia tempuh demi meraih apapun yang ia inginkan, selain itu film ini juga bercerita tentang dirinya yang memiliki kecintaan terhadap orang-orang terdekatnya.

3. The Class of ’92

Film berjudul “The Class of 92” ini dirilis pada tahun 2013. Film ini menceritakan tentang enam orang anak penggila dunia sepak bola. Keenam anak ini bersekolah di klub Sepakbola Manchester United pada angkatan 1992-1999 dan terus bersahabat hingga dewasa. Dari keenam orang tersebut, ada David Beckham yang berhasil menjadi bintang sepak bola Inggris.

Berbagai kisah dari dalam kamar ganti, latar belakang para pemain utama, sepakbola dan budaya saat itu, tercampur dengan sangat baik.

2. I Believe in Miracles 

Film ‘I Believe in Miracles’ dirilis pada tanggal 13 oktober 2015. Film dokumenter yang disutradarai oleh Jonny Owen ini menceritakan tentang sebuah kisah yang secara fantastis mengungkap bagaimana Brian Clough membawa Nottingham Forest dari tim papan tengah Divisi Dua menjadi juara di Eropa.

1. Two Escobars

The Two Escobars membawa dua kisah seseorang ini dengan sangat baik, menunjukkan hubungan yang buruk antara para kartel di Kolombia. Film berdurasi 104 menit ini mencoba menuturkan dengan dramatis kontrasnya kehidupan di antara keduanya. Andres hidup dalam kebanggaan di lapangan hijau, sementara Pablo di dalam politik berdarah yang telah mengubah tatanan negara Kolombia.

Pablo adalah pimpinan kartel narkoba yang hidupnya berakhir dengan tembakan peluru di tubuhnya. Sementara Andres adalah penggawa tim nasional Kolumbia yang turut membawa negaranya ke putaran final Piala Dunia 1994.

Berbagai film unik nan inspiratif bertemakan sepakbola berhasil kami ulas. Kira-kira mana film sepakbola paling menarik menurut para football lovers? Tinggalkan komentar kalian dibawah ini dan jangan lupa untuk like dan share..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here