10 Fakta yang Belum Pernah Kalian Ketahui dari Peristiwa Titanic

0
118
Source : https://irishamerica.com

Ada banyak sekali kecelakaan transportasi yang sudah terjadi di seluruh dunia karena berbagai sebab. Selain pesawat, mobil, sepeda dan motor, sebuah alat transportasi berupa kapal pesiar yang bernama Titanic juga pernah mengalami tragedi tersendiri dan menyebabkan ribuan orang tewas di dalamnya.

Meskipun kita mungkin sudah mengetahui beberapa fakta umum mengenai kecelakaan tersebut, ternyata masih ada sejumlah fakta lain dari kapal Titanic yang bisa membuat wawasan kita bertambah. Kesepuluh fakta ini akan di jelaskan secara langsung di bawah. Oleh sebab itu, yuk kita simak bersama-sama!

1. Surat dari Kedua Korban Selamat Bernama Esther dan Eva di Lelang Tahun 2014 dengan Harga $200.000

Source : https://titanicbelfast.com

Esther Hart dan Eva adalah 2 orang korban selamat dari kapal Titanic yang memiliki hubungan sebagai ibu dan anak. Mereka menulis surat tersebut untuk ibu dari Esther dengan tujuan mengungkapkan indahnya perjalanan mereka bersama dengan Titanic. Setelah tragedi kapal itu berlalu, mereka tetap menyimpan surat itu selama mungkin hingga sampai pada tahun 2014 ketika surat tersebut terjual sebesar $200.000 di acara lelang.

2. 3 Anjing Peliharaan Hidup karena Sekoci

Source : https://emoji.com.tr

Sekalipun terhitung ada 9 ekor anjing yang mati dalam kejadian tersebut, ternyata terdapat 3 ekor anjing lain yang terbukti beruntung karena di selamatkan oleh kapal penyelamat alias sekoci. Salah satu anjing yang hidup di miliki oleh seseorang bernama Henry Harper.

Ketika di tanya mengapa ia lebih memilih menyelamatkan anjing di bandingkan orang, Henry langsung menjawab bahwa tempat kosong di sekoci tersebut banyak dan tidak ada yang mengeluh kepada dia mengenai hal itu sebelumnya.

3. Terdapat Kapal Besar Lain Dekat Lokasi Kejadian

Source : https://www.thevintagenews.com

Sebenarnya, selain sebuah kapal bernama Carpathia, ternyata terdapat kapal penyelamat lain yang jauh lebih dekat lokasinya dengan Titanic ketika tragedi berlangsung. Waktu itu, sebuah kapal yang bernama Californian beserta kaptennya, Stanley Lord juga sedang terdesak dengan bongkahan es dan mencoba memperingatkan kapal yang lain.

Akan tetapi, Titanic mengabaikan peringatan tersebut sehingga pada saat mereka meminta bantuan, Californian tidak menggubrisnya.

4. Hanya 340 Jenazah yang Berhasil di Temukan

Source : https://irishamerica.com

Para pencari telah berusaha untuk menemukan semua jenazah yang berasal dari Titanic. Akan tetapi, setelah pencarian berlangsung, hasil membuktikan ada 1.160 orang yang hilang di tengah lautan dan hanya 340 jenazah yang berhasil di temukan keberadaannya.

5. Seorang Peramal Sudah Memprediksi Kecelakaan Tersebut

Source : http://www.worldlifestyle.com

Sebelum berangkat, salah satu penumpang Titanic yang bernama Alice Elizabeth Fortune sempat bertemu dengan seorang peramal di Mesir. Peramal tersebut mengatakan bahwa dia berada dalam bahaya besar jika memutuskan untuk pergi melalui jalur laut.

Bukan hanya itu, peramal itu juga berkata bahwa ia akan kehilangan segalanya namun tidak dengan nyawanya. Benar saja! Alice yang masih berusia 24 tahun pada waktu itu menjadi salah satu korban selamat yang paling terkenal dari Titanic.

6. Kapten dari Kapal Itu Sendiri Hampir Memasuki Masa Pensiun

Source : https://pbs.twimg.com

Seharusnya, Edward John Smith yang merupakan kapten dari kapal Titanic bisa memasuki masa pensiun tepat setelah mengarungi lautan tersebut. Akan tetapi, tragedi yang muncul menyebabkan ia turut di salahkan oleh sebagian orang. Sementara itu, orang yang lain menyebut dirinya sebagai pahlawan karena ia turut tenggelam bersama dengan kapalnya.

7. Interior dalam Titanic Mirip Seperti Interior Hotel Mewah di Inggris Bernama The Ritz

Source : https://static1.squarespace.com

Sebuah hotel terkenal di London bernama The Ritz menjadi sumber inspirasi bagi penampakan desain interior yang ada di dalam kapal Titanic. Oleh sebab itu, jangan heran apabila terdapat kemiripan antara Titanic dengan The Ritz karena fasilitas kelas satu memang sudah sepatutnya ada di kapal pesiar tersebut.

8. Korban Selamat yang Terakhir Meninggal Pada Tahun 2009

Source : https://rmstitanichotel.co.uk

Pada tanggal 31 Mei tahun 2009, seorang korban selamat bernama Millvina Dean meninggal di usia 97 tahun. Hari kematiannya tersebut sama dengan hari ketika Titanic sukses di bangun.

9. Bongkahan Es yang di Tabrak Sudah Berusia 3.000 Tahun

Source : https://media.mnn.com

Bongkahan es yang di tabrak oleh kapal Titanic ini membutuhkan waktu sekitar 3.000 tahun untuk terbentuk. Nah, tepat setelah tertabrak, temperatur panas membuat es tersebut segera meleleh.

10. Nazi Menggunakan Cerita Tragedi Tersebut Sebagai Propaganda

Source : http://www.les-docus.com

Bukan Nazi namanya kalau tidak ada propaganda yang tersebar melalui media. Ya, Nazi pernah membuat film dari cerita Titanic dan menggambarkan orang Jerman sebagai pahlawan.

 

Demikianlah pembahasan mengenai 10 fakta lain yang berasal dari peristiwa Titanic. Semoga bermanfaat dan silakan bagikan artikel ini kepada yang membutuhkan! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here