10 Fakta Unik yang Perlu Kita Ketahui Tentang Guru

0
89
Source : https://unsplash.com/@neonbrand

Guru. Siapa sih di Indonesia ini yang tidak mengetahui keberadaan profesi tersebut? Ya. Penting bagi kita untuk memahami dan menghargai bahwa pekerjaan seperti itu tidaklah mudah di lakukan. Perlu perjuangan serta dedikasi supaya murid-murid yang nantinya bekerja bisa memperoleh hasil terbaik.

Selain adanya pernyataan di atas, ternyata semua guru mempunyai banyak fakta unik yang perlu kita ketahui lho. Oleh sebab itu, artikel kali ini akan membahas tentang 10 fakta unik dari guru agar semua pembaca bisa mengenal guru mereka lebih dalam lagi. Nah, apa saja sih faktanya? Kalau sudah terlanjur penasaran, yuk langsung simak penjelasan di bawah.

1. Diam-Diam Memiliki Daftar Murid Terfavorit

Ketika guru kalian sedang mengajar, ada yang pernah merasa tidak bahwa salah satu dari antara teman-teman kalian sudah seperti anak kesayangan guru itu sendiri? Jika ada, mungkin perasaan tersebut mengandung kebenaran. Mengapa? Karena terdapat guru yang memang memiliki ikatan alamiah tersendiri dengan seorang atau beberapa muridnya.

2. Menyukai Hal yang Terkontrol

Perhatikan guys. Catat baik-baik bahwa guru kalian sangat senang apabila tidak ada satu hal pun yang melenceng dari perencanaan karena itu menandakan bahwa mereka tidak perlu bekerja sampai berulang kali.

Lho, kalau misalnya ada yang sampai melenceng seperti jadwal ulangan atau rapat bagaimana dong? Wah, kita tidak akan pernah tahu pemikiran dan perasaan mereka yang sebenarnya sebelum mereka mengatakannya. Bisa jadi marah atau cukup menggerutu dalam batin.

3. Tidak Selalu Akrab dengan Sesama Rekan Kerja

Begitu guru, begitu murid. Jika ada seorang murid yang tidak terlalu dekat dengan murid lainnya, situasi tersebut juga dapat terjadi kepada pengajar mereka. Terkadang bahkan terdapat kubu-kubu alias geng tersendiri yang turut menunjukkan perbedaan di antara penggiat pendidikan karena mereka juga manusia. Bisa berdiskusi atau bergosip.

4. Menghargai Penghargaan

Guru menghargai penghargaan yang di berikan kepada mereka sebagai pendidik sekaligus pekerja. Khususnya ketika penghargaan tersebut di berikan oleh murid beserta orang tua secara tidak di sangka-sangka. Kenapa seperti itu? Karena penghargaan menunjukkan bahwa jerih payah mereka selama ini di perhatikan dan tidak sia-sia.

5. Menikmati Perbicangan dengan Para Alumni

Siapa yang sudah menjadi salah satu alumni di sebuah sekolah? Benar! Mereka selalu membuka diri apabila suatu saat ada alumni yang dulunya merupakan murid datang tiba-tiba untuk sekedar melepas rindu dan bercakap-cakap. Terlebih kalau mantan muridnya tersebut sudah menjadi lebih sukses secara positif. Mereka pasti akan menunjukkan rasa bangga.

6. Ingin Menginspirasi Orang Lain

Karena guru memiliki predikat sebagai pendidik, jangan heran apabila mereka menyatakan bahwa mereka ingin menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Memang itulah kewajiban moral terpenting yang perlu mereka jalani sebelum keluar dari pekerjaannya.

7. Pekerja Keras

Bukan guru namanya kalau mereka tidak sanggup untuk bekerja keras sampai malam. Ya. Mulai dari mengajar, berhadapan dengan kepala sekolah, rekan sekerja atau orang tua, memeriksa tugas, ulangan hingga data-data lainnya, mereka itu patut di acungi jempol karena kemampuan multitasking yang hebat.

8. Mengetahui Kenyataan Bahwa Setiap Murid Berbeda

Murid memiliki tingkat pengalaman dan kemampuan yang berbeda dari kehidupan mereka. Hal ini turut di sadari kok oleh setiap guru yang mengajar. Maka dari itu, kalau kalian merasa bahwa pengajar di tempat kalian berada tidak adil, merenunglah sambil membaca poin ini karena guru pun memiliki perbedaan.

9. Senang Melihat Murid Menjadi Sukses

Sukses adalah kemauan dari setiap orang termasuk guru. Jadi, kalau misalnya kalian sebagai murid-murid sudah mencapai puncak kesuksesan, guru kalian bisa memiliki kelegaan bahwa tugas mereka terselesaikan dengan baik. Top banget!

10. Khawatir dalam Waktu-Waktu Tertentu

Guru juga memiliki tekanan yang bagi mereka dapat meresahkan. Misalnya terkait dengan nilai murid yang tidak mencapai target, penyakit, perselisihan, gaji atau kasus tertentu sehingga seperti kebanyakan orang, mereka berakhir dengan kekhawatiran yang harus segera teratasi.

 

Nah guys, itulah kesepuluh fakta unik mengenai guru yang patut kita simpan. Semoga bermanfaat. Bagi kalian yang masih bersama dengan para guru, hormatilah dan sayangilah mereka sampai kesudahannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here