10 Eksekutor Bola Mati Terbaik Sepanjang Masa

0
157

Mencetak gol bukan hanya bisa dilakukan dari permainan terbuka. Banyak gol-gol hebat dunia justru tercetak dari bola mati. Berikut 10 pemain yang dikenal karena kemampuan eksekusinya…

# Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sudah lama dikenal memiliki eksekutor bola mati mematikan. Cara menendangnya cukup khas, tangannya menjulur lurus, menghadap ke bola sesuai arah mana yang akan ia tuju. Bola tendangannya dirasa mendapat pengaruh dari Juninho Pernambucano.

# Rogerio Ceni

Adakah yang percaya jika seorang kiper bisa mencetak puluhan gol tendangan bebas dalam kariernya? Well, Rogerio Ceni melakukannya. Secara total, dalam 25 tahun karier di Sao Paulo, Ceni mencetak 61 gol tendangan bebas, 70 gol penalti,dan satu dari permainan terbuka. Dia jadi top scorer kiper sepanjang masa oleh karenanya.

# Andrea Pirlo

Dalam karier panjangnya bersama sejumlah klub besar Italia dan timnas Italia, Pirlo dikenal sebagai eksekutor bola mati yang handal. Bola sepakannya hampir pasti meluncur ke gawang lawan dengan pola pisang. Bila kita menyaksikan Pirlo, mengeksekusi bola mati serasa begitu mudah.

# Roberto Baggio

Penyerang berkuncir ini menikmati karier gemilang di timnas Italia dan sejumlah klub Serie A. secara kebetulan, ia mencetak gol pertamanya di liga dan gol perdananya untuk timnas juga melalui bola mati, yakni saat Azzuri melawan Uruguay dan saat Fiorentina menjamu Napoli.

# Ronaldinho

Selain memiliki atribut dribel fantastis, legenda Brasil yang mekar di Barcelona tersebut juga memiliki keahlian lain, yakni eksekusi tendangan bebas. Sepanjang kariernya, ia mencetak 65 gol tendangan bebas. Eksekusinya yang paling diingat publik terjadi saat pada Piala Dunia 2002, ia mengangkangi kiper legendaris David Seaman dengan bola lob yang sangat akurat.

# Roberto Carlos

Roberto Carlos mengeksekusi bola mati dengan cara yang berbeda dari kebanyakan pemain di daftar ini. Alih-alih memberi efek melintir pada bola, ia justru menghajar bola sekeras mungkin dengan kaki luar tiap kali mengeksekusi. Bola tembakan bek kiri tersebut kebanyakan menghujam jala lawan dengan kecepatan penuh yang membuat kiper terdiam.

# Zico

Pemain yang dijuluki sebagai Pele berkulit putih ini memiliki catatan menawan dalam mengeksekusi bola mati. Ia juga punya ciri khas tersendiri, yakni ancang-ancang jarak pendek yang diakhiri tendangan melintir ke pojok atas gawang lawan.  Ia tercatat mencetak 62 gol melalui tendangan bebas langsung sepanjang kariernya.

# Sinisa Mihajlovic

Sinisa Mihajlovic dikenal sebagai predator bola mati dalam jarak mulai dari 35 yard. Ia mencetak 27 gol bola mati untuk Sampdoria dan Lazio di Serie A. Tendangan Mihajlovic yang bertenaga itu didapat dari latihannya menendang ke gerbang logam semasa remaja. Ayahnya dikabarkan mengganti gerbang itu tiap minggu akibat disambar tendangan Miha terus menerus.

# David Beckham

Memiliki ciri khas dengan mengayunkan tangan kiri tiap kali mengeksekusi bola mati, David Beckham memiliki pelintiran bola yang dianggap setara dengan kepunyaan Zico. Ia selalu dapat menemukan sudut yang presisi meskipun terhalang pagar betis bermacam bentuk. Secara total, Beckham mencetak 62 gol tendangan bebas sepanjang karier.

# Juninho Pernambucano

Semasa Juninho melegenda di Olympique Lyon, orang ini menendang bola dengan cara luar biasa. Iia menemukan teknik yang dinamai “knuckle ball”, yang mengakibatkan bola bergulir tak menentu di udara, menyulitkan kiper menebak ke arah mana bola bergerak. Secara total, gelandang flamboyan ini mencetak 77 gol tendangan bebas sepanjang kariernya.

Di luar ini masih ada nama-nama hebat lain semacam Cristiano Ronaldo, atau Ismed Sofyan…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here