Iniloh 10 Buah Penurun Kolestrol Paling Ampuh, Kolestrol Jauh Deh…

0
222

Si kolesterol ternyata takut dengan 10 buah ini loh? buah apa aja sih? Berikut 10 Buah Penurun Kolestrol Paling Ampuh :

1. Alpukat
Banyak orang beranggapan si alpukat ini bisa bikin kita gemuk? sebenarnya anggapan itu tidak benar. Alpukat memang mengandung banyak lemak, bahkan sampai 16 persen. Namun, lemak yang terdapat pada buah alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang justru menyehatkan, karena lemak ini akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu alpukat ini juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang juga tidak kalah menyehatkan karena jenis lemak ini dapat mengurangi jumlah kolesterol yang terserap dalam makanan. Cara menikmati alpukat yang sehat biasanya dijadikan jus dengan tidak terlalu banyak memberi gula.

2. Jeruk Nipis
Buah yang rasanya asem-asem seger ini dikenal flavones polymethoxylated karena kaya akan kandungan flavonoid. Jeruk nipis mengandung antioksidan yang memiliki efek kuat untuk menurunkan kolesterol, terutama kolesterol jahat (LDL). Selain itu jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi yang tidak hanya membantu mencegah kerusakan akibat kolesterol jahat tetapi juga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, karena dapat menurunkan total kolesterol secara keseluruhan.

3. Semangka
Buah yang bulat cantik ini juga nggak kalah hebat dengan dua buah diatas. buah yang mengandung banyak air ini, selain dapat menghilangkan dahaga juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan likopen yang terdapat dalam buah semangka.

4. Apel
Buah imut yang satu ini memang sudah terkenal menyehatkan. Dan sudah pasti masuk dalam daftar buah penurun kolesterol karena kandungan beta-glucan yang berperan dalam mengontrol produksi kolesterol. Di samping itu apel juga berperan sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah asteri mengeras serta melindung tubuh dari serangan jantung dan stroke. Buah ini biasa konsumsi dengan cara langsung dimakan atau dijus.Selain itu apel juga bisa dibuat cuka. Cuka apel yang rutin kita konsumsi dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Wah mungkin ini kali ya penyebab di warung bakso pastia ada cuka? hehehe, supaya kolesterol jahat bisa langsung teratasi. Eits tunggu dulu masih ada satu informasi lagi, cuka apel yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2. Wah, wah!

5. Pir
Buah yang satu ini mengandung pektin yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari buah apel. selain itu, pir merupakan sumber serat larut air yang sangat baik (serat larut dan membentuk substansi)-seperti gel termasuk pektin. Pektin yang terkandung dalam buah pir juga berperan sebagai pembersih usus dan melancarkan buang air besar.

6. Pisang
Buah yang identik dengan monyet ini juga ikut andil dalam penurunan kolesterol. Serat makanan yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Di samping itu juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan pada gilirannya juga dapat menyehatkan jantung.

7. Anggur
Buah yang kecil-kecil lucu nan imut ini juga masuk dalam daftar buah penurun kolesterol karena kandungan zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol yaitu senyawa flavonoid. selain menurunkan kolesterol flavonoid juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat radikal bebas.selain kandungan zat flavonoid, anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol jahat sekaligus menaikkan kolesterol baik.

8. Jambu
kandungan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen dan selenium dalam buah jambu ini membuat jambu masuk dalam daftar buah penurun kolesterol yang baik. Semua zat itu bagus itu kesehatan, namun yang paling berperan disini adalah antioksidan flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida.

9. Mangga
Buah yang juga menjadi salah satu sumber vitamin C ini juga dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi. kolesterol jahat yang teroksidasi dapat menyebabkan terjadinya plak atau penimbunan kolesterol pembuluh darah. Selain mencegah oksidasi kolesterol jahat, buah mangga juga dapat mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada saat proses pencernaan.

10. Jeruk Lemon
Buah lemon banyak mengandung vitamin C yang berperan mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang mmicu naiknya kolesterol dalam darah. Di samping itu buah lemon mengandung antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL atau kolesterol jahat

Pada dasarnya makanan yang diproses oleh alam lebih aman kita konsumsi daripada makanan yang kita ciptakan sendiri. Seperti buah-buahan 10 Buah Penurun Kolestrol Paling Ampuh diatas, kalau kita perhatikan buah yang mengandung vitamin banyak vitamin, banyak serat dan antioksidan sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Salam sehat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here